Resep Dan Car Menciptakan Lemang Yummy Dan Gurih - Resep Bunda

Jumat, 28 Februari 2020

Resep Dan Car Menciptakan Lemang Yummy Dan Gurih


Lemang merupakan masakan atau panganan khas dari suku dayak didaerah Kalimantan yang berbahan dasar beras ketan di campur dengan santan kelapa kemudian dimasak dengan memakai bambu. Bagi suku Dayak, lemang dijadikan sebagai masakan untuk pesta susila mereka. Sedangkan suku Melayu, lemang juga disajikan sebagai masakan pada hari Raya Idul Fitri dan Idul Adha. Cara penyajian serta cara mengkonsumsi lemang juga berbeda untuk setiap daerah. Ada yang mengkonsumsi lemang dengan aksesori selai serikaya atau selai-selai anggun lainnya. Ada juga yang mengkonsumsi lemang dengan rendang serta lauk pauk lainnya. Cara menciptakan lemang sangatlah mudah.

Bahan :

1. 1 kg beras ketan.
2. 1 litter santan kelapa.
3. 1 sdt garam halus.
4. 1 tangkai daun pisang (ambil daunnya saja).
5. 2 batang buluh bambu (bersihkan bab dalam dari buluh bambu tersebut).

Cara menciptakan :
  • Mula-mula basuh beras ketan terlebih dahulu kemudian tiriskan. Selanjutnya, tambahkan santan kelapa bersama garam kedalam beras ketan yang telah dicuci tadi.
  • Setelah itu, siapkan bambu kemudian lapisi bab pinggiran dalam bambu dengan daun pisang kemudian tuangkan beras ketan yang telah diberi santan tadi sebanyak ¾ dari bab bambu, kemudian tutupi bab atas bambu dengan daun pisang.
  • Terakhir, Siapkan api kemudian bakar bambu yang sudah berisi beras ketan sampai matang. Setelah lemang matang, keluarkan lemang dari bambu kemudian potong-potong kemudian sajikan.
Selamat mencoba resep dan cara menciptakan lemang lezat dan gurih ini.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda