Cara Menciptakan Camilan Anggun Bhoi Khas Aceh - Resep Bunda

Kamis, 27 Februari 2020

Cara Menciptakan Camilan Anggun Bhoi Khas Aceh

Resep Kue Bhoi Khas Aceh Asli Enak Sederhana Dan Spesial. Kue dengan tekstur yang lembut ibarat bolu Aceh ini bentuknya sangat bervariasi dan bermacam-macam, itu semua tergantung dari cetakan atau loyang yang digunakan, kita dapat memakai cetakan bentuk ikan atau kuliner ringan bagus bhoi ikan, cetakan bunga untuk kuliner ringan bagus bhoi bunga, dll. Kalau tanya rasa kuliner ringan bagus ini ya terang toh rasa kuliner ringan bagus ini manis, cocok untuk menemani minum teh atau kopi, dan tak hanya itu juga kuliner ringan bagus ini juga cocok dan pas untuk oleh-oleh khas Aceh.

Kue Bhoi ialah kuliner ringan bagus tradisional orisinil Aceh yang melegenda. Kue ini wajib ada disetiap hari-hari istimewa, ibarat janji nikah atau lainnya, kalau di-Jawa sih kuliner kuliner ringan bagus ini ibarat Apem atau jenang. Kalau dari arti bahasa bhoi itu sendiri artinya ialah bolu (dalam bahasa Aceh).

Kalau kita lihat di Wikipedia, Bhoi ialah bolu khas Aceh. Penganan ini mempunyai bentuk yang beraneka ragam, ada yang bentuknya bintang, bunga, binatang dan lain-lain. Untuk mengetahui kuliner ringan bagus Bhoi sangat gampang alasannya kuliner ringan bagus ini mempunyai ciri khas dengan teksturnya yang bergairah dan ukurannya yang lebih kecil serta padat kalau dibandingkan dengan kuliner ringan bagus lainnya.

Gambar Cetakan Kue Bhoi Khas Aceh Aneka Bentuk Bunga
Sejarah asal mula kuliner ringan bagus bhoi ini ialah dari watak istiadat, dulu kuliner ringan bagus bhoi ini biasa dijadikan seserahan yang diberikan oleh mempelai laki-laki kepada mempelai perempuan pada ketika pernikahan. Tapi kini dengan perkembangan zaman yang begitu pesat, kuliner ringan bagus ini beralih fungsi menjadi oleh-oleh atau oleh-oleh kalau ada sanak saudara yang berkunjung ke rumah. dan tidak hanya dalam janji nikah saja, kuliner ringan bagus ini juga ada di program kelahiran maupun khitanan.

Kue Bhoi ini dapat kita jumpai di pasar-pasar tradisional  maupun program pesta rakyak di kampung-kampung di Aceh. Bahkan kui ini menjadi wajib dibawa ketika pesta perkawinan baik seserahan dari Linto baro (pengantin Pria) maupun Dara Baro (Pengantin Wanita). Jika Anda tertarik ingin mencobanya dirumah, berikut ialah resep masakannya untuk Anda.

Berikut kumpulan diam-diam aneka kreasi dan variasi olahan resepi kuliner ringan bagus bhoi istimewa menu sedap lengkap dengan cara bikin sendiri dirumah atau ala rumahan (homemade) lengkap dengan step by step nya yang anti gagal, dapat dikonsumsi sendiri ataupun di buat perjuangan aneka bisnis kuliner ringan bagus bhoi dengan harga hemat murah meriah.


RESEP KUE BHOI ACEH


BAHAN :
  • 250 Gram tepung terigu
  • telur ayam 5 Butir 
  • 2 Bungkus vanili
  • 1/4 sdt soda kuliner ringan bagus bubuk
  • Mentega secukupnya untuk mengoles loyang/cetakan kuliner ringan bagus bhoi
  • gula pasir 250 Gram 

CARA MEMBUAT KUE BHOI KHAS ACEH :

  1. Siapkan semua materi dengan baik dan lengkap
  2. lalu ambil wadah bersih, sehabis itu masukkan telur dan tambahkan gula pada wadanya
  3. setelah itu kocok telur tersebut hingga adonannya mengembang dengan baik
  4. lalu masukkan vanili dan soda kue
  5. lalu kocok lagi hingga menyatu atau merata dengan baik
  6. masukkan tepung terigu dan aduk lagi hingga merata
  7. siapkan cetakan
  8. lalu masukkan campuran dasar bolu bhoi kedalam cetakan, dapat cetakan bentuk bunga, hewan, atau lain-lain
  9. panggang semua campuran hingga matang dalam oven
  10. tunggu hingga matang, dan angkat
  11. sajikan dan simpan di wadah tertutup semoga kuliner ringan bagus bhoi dapat tahan lama.

Terimakasih.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda