Cara Menciptakan Pempek Yummy Khas Palembang - Resep Bunda

Jumat, 28 Februari 2020

Cara Menciptakan Pempek Yummy Khas Palembang



Empek-empek atau kebanyakan orang bilang pempek, merupakan salah satu makan khasnya orang palembang, yang mempunyai materi dasar dari sagu dan ikan. Menurut sejarah, pada kurun ke-16 pempek sudah ada di kawasan Palembang semenjak datangnya perantau China ke Palembang dikala Sultan Mahmud Badarudin II berkuasa di Palembang. Nama pempek itu sendiri berasal dari sebutan untuk pria renta keturunan China yakni “apek”. Karena penjual masakan ini dahulunya berasal dari keturunan China, dan masyarakat terbiasa memanggil penjual dengan kata “apek” untuk membelinya. Sehingga jadinya masyarakat kini menyebut masakan ini dengan sebutan pempek.

Bahan-bahan :


1. 1,5 kg Tepung sagu dengan kualitas baik.
2. 1 kg ikan belida giling (atau bila tidak ada, disarankan untuk diganti dengan ikan gabus atau ikan tenggiri,karena mempunyai rasa dan tekstur yang hampir sama sehabis dimasak dan dimakan daripada memakai ikan jenis yang lain)
3. 1 sdm garam dapur secukupnya.
4. 1 bks Bumbu penyedap.
5. 1 cangkir air es matang.
6. Rebus air di dalam panci besar yang diberi 2 sdm minyak goreng.

Cara menciptakan :
  1. Pertama campurkan ikan giling dengan air es dan garam serta bumbu penyedap, aduk ikan giling hingga gabungan benar-benar tercampur.
  2. Kemudian tambahkan tepung sagu pada gabungan ikan giling tadi secukupnya hingga gabungan kenyal sehingga sanggup diuleni dan tidak lengket lagi. (untuk sedikit atau banyak nya sagu tergantung tingkat kekenyalan yang kita inginkan, biar rasa ikan benar-benar terasa, jangan terlalu banyak memberi sagu)
  3. Untuk membentuk gabungan lumuri tangan dengan sedikit tepung biar tidak lengket, kemudian bentuk sesuai selera (bisa di bentuk lonjong atau sanggup di isi dengan telur)
  4. Rebus gabungan pempek hingga gabungan pempek benar-benar mengapung, kemudian angkat dan tiriskan.

Bahan untuk cuka atau cuko :

1. 250 gr gula aren(kwalitas baik).
2. 50 gr air asam jawa
3. 1 liter air minum higienis
4. 200 gr bawang putih, bersihkan kemudian cincang halus.
5. 1 sdt garam.
6. 2 sdm ebi, yang sudah di haluskan.
7. 15 buah cabe rawit, kemudian dihaluskan. (tingkat kepedasan sesuai selera)

Cara menciptakan cuka atau cuko : 

Pertama masukkan gula aren dan asam jawa ke dalam air, kemudian masak hingga mendidih.
Campurkan bawang putih, garam, udang kering dan cabe rawit kedalam larutan gula aren tadi, kemudian rebus dan didihkan kembali. Setelah matang, angkat dan tiriskan cuko pempeknya.

Pempek nikmat disajikan bersama dengan saus cuka atau cuko (untuk sebutan orang palembang). Pempek bisa pribadi dimakan sehabis direbus atau sanggup digoreng sehabis di rebus sesuai dengan selera.

Sedikit tambahan, dari satu gabungan pempek yang kita hasilkan, sanggup beberapa jenis masakan yang sanggup kita dapatkan. Hanya saja teladan penyajian simpulan yang berbeda. Di antaranya yakni laksan yang disajikan dengan kuah santan tanpa memakai cuka. Tekwan dan Model yang disajikan dengan kuah yang terbuat dari kaldu yang diberi irisan daun bawang, jamur kuping gajah, bengkuang, udang, irisan daun seledri dan bawang goreng. Dan banyak variasi masakan lainnya dari materi dasar gabungan pempek tadi.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda