Resep Dan Cara Menciptakan Nasi Gandul Enak Khas Pati - Resep Bunda

Jumat, 28 Februari 2020

Resep Dan Cara Menciptakan Nasi Gandul Enak Khas Pati


Nasi gandul ialah suatu panganan berbahan pokok nasi yang hampir menyerupai dengan nasi pindang, akan tetapi cara penyajian nasi gandul ini memakai daun pisang sebagai alasnya. Nasi gandul merupakan kuliner khas dari kawasan Pati, Jawa Tengah. Masakan ini biasanya memakai jeroan sapi, hati dan rempelo sapi, pengecap sapi, atau juga daging sapi sebagai materi utamanya. Nasi gandul sendiri mempunyai jumlah kolesterol yang tinggi dikarenakan kandungan lemak yang cukup tinggi yang terdapat dari bahan-bahan menyerupai jeroan atau usus sapi yang digunakan.
Sebagai gantinya dalam resep kali ini akan dipakai daging sapi sebagai pengganti jeroan sapi. Adapun cara menciptakan nasi gandul antara lain :

Bahan-bahan yang diharapkan : 
1. 500 gram daging sapi.
2. 1 ½ liter santan cair atau encer.
3. 1 batang serai (geprak dan memarkan).
4. 2 lembar daun salam.
5. 1 ruas lengkuas kira-kira 2 cm.
6. Minyak goreng dipakai untuk menumis.
Bumbu yang dihaluskan : 
1. 4 siung bawang merah.
2. 4 siung bawang putih.
3. 3 buah cabe merah keriting.
4. 3 butir kemiri sangrai.
5. ½ sdm ketumbar sangrai.
6. 1 sdt merica halus.
7. 1 sdt jintan.
8. 1 ruas kencur kira-kira 1 cm.
9. 1 ruas jahe kira-kira 1 cm.
10. 1 sdt terasi bakar.
11. garam halus secukupnya.
12. ½ sdm gula merah kemudian sisir halus.

Cara menciptakan :
  • Pertama, bersihkan daging sapi kemudian potong-potong daging berbentuk dadu kecil. Lalu tiriskan.
  • Selanjutnya, panaskan minyak goreng kemudian tumis bumbu yang dihaluskan bersama dengan serai, daun salam dan lengkuas. Tumis bahan-bahan tersebut sampai harum.
  • Setelah itu, rebus santan yang telah disiapkan bersama dengan cuilan daging sapi dan bumbu yang telah ditumis tadi. Rebus sampai mendidih dan daging terasa empuk.
  • Cara penyajiannya, siapkan selembar daun pisang yang telah dibersihkan kemudian taruh diatas mangkuk atau piring saji, kemudian tambahkan nasi dan tuangkan pula rebusan daging sapi tadi bersama kuahnya.
Sajikan nasi gandul selagi hangat. Semoga resep dan cara menciptakan nasi gandul enak khas Pati ini sanggup membantu ibu-ibu menyajikan hidangan enak dirumahnya. Selamat mencoba.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda