Resep Dan Cara Menciptakan Onde-Onde Enak Dan Enak Khas Indonesia - Resep Bunda

Jumat, 28 Februari 2020

Resep Dan Cara Menciptakan Onde-Onde Enak Dan Enak Khas Indonesia


Onde-onde merupakan salah satu jenis makanan atau camilan bagus jajanan yang sangat populer didaerah Mojokerto dan Jakarta, Indonesia. Sejak zaman Majapahit, Mojokerto juga populer dengan sebutan sebagai kota onde-onde. Kue onde-onde memiliki materi dasar berupa gabungan tepung ketan atau tepung terigu yang dibuat bundar kemudian diberi taburan biji wijen, kemudian didalamnya juga diberi isian berupa pasta kacang hijau. Onde-onde juga sangat populer diluar negri menyerupai kawasan pecinan. Dalam artikel kali ini akan dibahas mengenai cara menciptakan onde-onde. 

Bahan untuk menciptakan kulit onde-onde :

1. 500 gram tepung ketan (atau sanggup dipakai tepung terigu).
2. 150 ml santan kelapa.
3. 1 sdm Vanili bubuk.
4. 100 gram gula pasir.
5. 250 gram biji wijen.
6. Garam halus secukupnya
7. Air matang.
8. Minyak goreng (untuk menggoreng).

Bahan untuk isian :  

1. Pasta kacang hijau siap pakai (dapat dibeli di supermarket).

Cara menciptakan :

  • Pertama, hangatkan terlebih dahulu santan yang telah disiapkan. Kemudian siapkan ember kecil kemudian masukkan tepung ketan, vanili, gula pasir, garam halus, dan tambahkan santan yang telah dihangatkan tadi kemudian aduk rata. Selanjutnya beri air matang bertahap sambil diaduk rata sampai membentuk suatu adonan.
  • Setelah itu, ambil gabungan kira-kira 2 sendok makan kemudian pipihkan kemudian beri isian pasta kacang hijau secukupnya. Selanjutnya tutup dan bentuk bundar gabungan yang telah diberi isian pasta kacang hijau tadi. Lakukan untuk semua gabungan sampai gabungan habis.
  • Setelah gabungan simpulan diberi isian, kemudian taburi semua gabungan dengan memakai biji wijen secara merata.
  • Selanjutnya, siapkan wajan dan panaskan minyak goreng kemudian goreng semua gabungan onde-onde sampai matang.
Setelah semua onde-onde matang kemudian sajikan onde-onde diatas piring saji. Selamat mencoba resep dan cara menciptakan onde-onde enak dan enak khas Indonesia.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda