Resep Dan Cara Menciptakan Opor Ayam Enak Dan Enak Khas Jateng Dan Jatim - Resep Bunda

Jumat, 28 Februari 2020

Resep Dan Cara Menciptakan Opor Ayam Enak Dan Enak Khas Jateng Dan Jatim


Salah satu masakan khas yang sangat populer di Indonesia yakni Opor ayam. Masakan opor ayam berasal dari Jawa, menyerupai Jawa Tengah dan Jawa Timur. Opor ayam juga sudah menyebar diseluruh Indonesia. Opor ayam pada dasarnya mempunyai materi dasar ayam potong yang direbus dengan santan kental dan ditambah bumbu rempah lainnya. Biasanya opor ayam sering sekali disajikan bersama pecahan ketupat pada Hari Raya Idul Fitri atau Idul Adha. Pada artikel ini akan dijelaskan bagaimana langkah-langkah serta cara menciptakan opor ayam yang enak dan lezat. 
 
Bahan-bahan :


1. 500 gr daging ayam (bersihkan, kemudian potong sesuai selera).
2. 150 ml santan kental.
3. 150 ml air masak.
4. 1 btg serei (geprak dan memarkan).
5. 2 lbr daun slam.
6. 1 sdt garam.
7. ½ sdt gula.
8. 3 sdm minyak goreng (untuk menumis).
9. Bawang goreng (secukupnya).

Bahan bumbu yang dihaluskan :


1. 3 siung bawang putih.
2. 3 siung bawang merah.
3. 5 butir kemiri (sangrai).
4. 1 sdt merica.
5. ½ sdt jintan.
6. ½ sdt pala.
7. 3 cm kunyit.
8. 3 cm jahe.

Cara menciptakan opor ayam :
  1. Pertama-tama haluskan semua materi bumbu opor ayam yang dihaluskan. Selanjutnya, panaskan minyak goreng, kemudian tumis bumbu yang sudah dihaluskan sampai anyir beri santan dan air kemudian aduk merata. Tambahkan pula serai, daun salam, gula dan garam kedalam santan opor ayam.
  2. Selanjutnya masukkan pecahan ayam kedalam santan, kemudian masak dan diamkan dengan memakai api sedang sampai ayam matang dan empuk serta santan meresap kedalam pecahan ayam.
  3. Terakhir, angkat kemudian sajikan opor ayam diatas piring saji. kemudian tambahkan pula taburan bawang goreng diatas opor ayam.

Opor ayam nikmat dimakan bersama pecahan ketupat atau nasi putih hangat. Selamat mencoba resep dan cara menciptakan Opor ayam enak dan enak khas Jawa Tengah dan Jawa Timur ini.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda