Resep Dan Cara Menciptakan Sambal Belut Tumis Enak Dan Lezat - Resep Bunda

Jumat, 28 Februari 2020

Resep Dan Cara Menciptakan Sambal Belut Tumis Enak Dan Lezat


Sambal Belut Tumis Enak dan Lezat - Selamat pagi para pembaca setia blog ini, semoga pagi hari ini kita masih diberikan nikmat sehat sehingga kita sanggup memasak kuliner yang yummy untuk keluarga. Pada kesempatan ini penulis ingin mencoba membahas suatu resep kuliner yang mempunyai cita rasa yang pedas namun tetap enak disantap ialah sambal belut tumis. Sambal belut tumis ini merupakan jenis kuliner kreasi dimana belut yang dipakai nantinya akan dipadukan dengan cabe dan beberapa bumbu dapur lainnya. Dalam proses menciptakan sambal belut ini sangatlah sederhana dan bahan-bahan yang dipakai pun gampang untuk didapat, adapun proses pembuatannya secara lengkap antara lain sebagai berikut. 

Bahan :
  1. 1/2 kg belut (cuci higienis kemudian potong-potong sesuai selera).
  2. 5 buah cabe merah (haluskan).
  3. 5 buah cabe rawit merah (haluskan).
  4. 3 lembar daun salam.
  5. 1 ruas kencur ukuran 2 cm.
  6. 250 ml air matang.
  7. Minyak goreng secukupnya (untuk menumis).
  8. 1/2 sdt garam halus.
Cara membuatnya :
  • Mula-mula panggang belut yang telah dipotong-potong dan letakkan daun salam diatas belut semoga aroma belut menjadi anyir dan agak kering.
  • Selanjutnya, Haluskan materi bumbu menyerupai cabe merah dan cabe rawit, kencur dan garam halus.
  • Kemudian panaskan sedikit minyak ggoreng kemudian tumis bumbu halus tadi sampai harum. Setelah itu tuangkan air matang kedalamnya dan aduk-aduk secara merata kemudian biarkan sampai mendidih.
  • langkah berikutnya masukkan belut yang telah dipanggang kedalam bumbu tumis dan masak kembali sampai kadungan air yang ada dalam tumisan tadi mengering.
  • Terakhir angkat dan sajikan sambal belut diatas piring saji.
Selamat mencoba resep dan cara menciptakan sambal belut tumis enak dan yummy ini. Semoga resep kuliner yang kami sajikan hari ini memperlihatkan banyak wangsit kepada para pembaca dirumah semoga sanggup menciptakan kuliner yang tentunya tidak kalah yummy dari resep yang kami sajikan ini. Terima kasih.

RESEP DAN CARA MEMBUAT SAMBAL BELUT TUMIS ENAK DAN LEZAT

Sambal belut tumis ini merupakan jenis kuliner kreasi dimana belut yang dipakai nantinya akan dipadukan dengan cabe dan beberapa bumbu dapur lainnya. 5 out of 5 based on 20 ratings. 5 user reviews:

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda