Resep Dan Cara Menciptakan Sambal Ikan Tongkol Balado Enak Dan Lezat - Resep Bunda

Jumat, 28 Februari 2020

Resep Dan Cara Menciptakan Sambal Ikan Tongkol Balado Enak Dan Lezat



Sambal Ikan Tongkol Balado Enak dan Lezat - Pada pagi hari ini kita akan membahas perihal resep dimana yang akan menjadi materi utamanya ialah ikan tongkol yang mempunyai rasa yang enak dari dagingnya. Ikan tongkol ini nantinya akan kita olah menjadi Sambal ikan tongkol balado yang populer enak dan lezat. Sambal ikan tongkol balado ini mempunyai rasa yang pedas dan sedikit cantik dari gula jawa yang juga akan menjadi materi bumbunya. Bahan-bahan utama yang akan digunakan untuk menciptakan sambal ikan tongkol ini selain ikan tongkol itu sendiri diantaranya menyerupai cabe merah, bawang merah dan bawang putih yang selalu digunakan dalam menciptakan sambal-sambalan, jahe, serai, gula pasir, gula jawa, garam serta masih ada beberapa materi perhiasan lagi yang akan digunakan. Dalam proses pembuatan kuliner ini pun tidak terlalu rumit, dimana untuk mengetahui apa saja bumbu perhiasan lainnya yang digunakan serta pengolahan kuliner ini secara lengkap antara lain sebagai berikut.

Bahan :
  1. 1 1/2 kg ikan tongkol.
  2. 250 gram cabe merah.
  3. 5 buah cabe rawit.
  4. 10 siung bawang merah.
  5. 4 siung bwang putih.
  6. 1 ruas jahe dengan ukuran sekitar 2 cm.
  7. 2 lembar daun salam.
  8. 1 batang serai (geprek dan memarkan).
  9. 2 sdm Gula jawa (sisir halus).
  10. Gula pasir secukupnya.
  11. Garam berangasan secukupnya.
  12. Air matang secukupnya.
  13. Minyak Goreng secukupnya.
Cara membuatnya :
  • Pertama, bersihkan ikan tongkol dan potong sesuai selera kemudian goreng ikan sampai matang.
  • Selanjutnya haluskan cabe merah, cabe rawit, bawang merah, dan bawang putih dengan memakai blender.
  • Setelah itu tumis sebentar sambal yang telah dihaluskan tadi kemudian tambahkan air matang secukupnya, 2 lembar daun salam, serai yang telah dimemarkan, gula jawa, serta jahe kemudian masak sampai harum dengan api kecil.
  • Masukkan ikan tongkol yang sudah digoreng kedalam tumisan sambil diaduk rata biar semua bumbu tercampur rata dengan ikan tongkolnya.
  • Tambahkan pula gula pasir serta garam berangasan secukupnya dan aduk-aduk kembali secara merata. Diamkan sebentar sambal ikan tongkol tersebut diatas api kecil biar bumbu meresap secara merata.
  • Terakhir sajikan dalam keadaan hangat dengan nasi putih yang hangat dan lalapannya.
Selamat mencoba resep dan cara menciptakan sambal ikan tongkol balado enak dan lezat ini. Semoga resep yang kita bagikan pagi hari ini sanggup memperlihatkan banyak ilham kepada ibu-ibu serta kaum hawa dirumah untuk sanggup menciptakan masakan-masakan yang sedap kepada keluarga dirumah. Terima kasih.

RESEP DAN CARA MEMBUAT SAMBAL IKAN TONGKOL BALADO ENAK DAN LEZAT

Ikan tongkol ini nantinya akan kita olah menjadi Sambal ikan tongkol balado yang populer enak dan lezat. 5 out of 5 based on 20 ratings. 5 user reviews:

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda