Resep Dan Cara Menciptakan Sego Tempong Enak Dan Yummy Khas Banyuwangi - Resep Bunda

Jumat, 28 Februari 2020

Resep Dan Cara Menciptakan Sego Tempong Enak Dan Yummy Khas Banyuwangi


Sego tempong atau dalam bahasa Indonesianya nasi tempong merupakan salah satu kuliner khas dari kawasan Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur. Makanan ini mempunyai ciri khas berupa sambalnya yang mempunyai rasa yang tidak mengecewakan pedas dan segar. Makanan ini disebut dengan "tempong atau tempeleng" dikarenakan sehabis makan kuliner ini rasanya pengecap menyerupai habis ditempeleng alasannya yakni memakai sambal yang tidak mengecewakan pedas.
Untuk menciptakan sego tempong ini tidaklah sulit, adapun resep serta proses cara membuatnya antara lain sebagai berikut.

Bahan untuk sambal :

  1. 10 buah cabe merah keriting.
  2. 3 siung bawang putih.
  3. 1 buah tomat.
  4. 1 sdt terasi panggang.
  5. Garam halus secukupnya.
  6. Gula pasir secukupnya.
Bahan komplemen :
  1. Daun sawi (rebus).
  2. Kacang panjang (rebus).
  3. Tauge (rebus).
  4. 1 buah Mentimun (iris-iris tipis).
  5. Ikan goreng.
  6. Tempe goreng.
  7. Tahu goreng.
Cara membuatnya :
  • Mula-mula, goreng sebentar bawang serta cabe sehabis itu angkat dan tiriskan. Kemudian siapkan ulekan, ulek bawang bersama dengan cabai, tomat serta terasi kemudian ulek materi tersebut sampai halus.
  • Selanjutnya, tambahkan pula garam serta gula kedalam ulekan sambal tadi dan ulek rata kembali sampai semua materi tercampur rata.
  • Terakhir, siapkan nasi putih hangat diatas piring saji bersama dengan sambal dan lalapannya. Jangan lupa juga beri pula tambahan lauk pauk menyerupai ikan atau ayam goreng, tempe goreng serta tahu goreng biar terasa lebih nikmat saat disantap.
Selamat mencoba resep dan cara menciptakan sego tempong enak dan enak khas Banyuwangi ini, semoga resep kuliner ini sanggup bermanfaat bagi ibu-ibu sekalian dirumah. Terima kasih.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda