Resep Dan Cara Menciptakan Tahu Gejrot Yummy Khas Cirebon - Resep Bunda

Jumat, 28 Februari 2020

Resep Dan Cara Menciptakan Tahu Gejrot Yummy Khas Cirebon


Di Indonesia tahu merupakan salah satu kuliner pokok yang sangat digemari masyarakat Indonesia. Banyak aneka kuliner yang sanggup diolah dari materi dasar tahu ini, mulai dari tahu goreng sampai tahu yang divariasikan kedalam suatu kuliner menyerupai saat memasak tauco.
Dalam artikel ini akan dibahas mengenai tahu gejrot, dimana panganan ini juga mempunyai materi dasar berupa tahu. Tahu gejrot adalah kuliner tradisional yang berasal dari cirebon. Panganan ini mempunyai rasa yang manis, asam, dan pedas sehingga pangan ini sangat disukai para pecinta tahu.
Adapun langkah-langkah dalam menciptakan olahan tahu yang lezat ini antara lain.

Bahan-bahan :
  1. 20 potong tahu sumedang.
  2. 30 gram gula merah (sisir halus).
  3. 250 ml air matang.
  4. Kecap cantik secukupnya.
  5. 4 sendok makan air asam jawa.
Bahan bumbu :
  1. 5 buah cabe hijau.
  2. 6 buah cabe rawit.
  3. 5 siung bawang merah.
  4. 4 siung bawang putih.
  5. (ulek agresif semua materi bumbu).
Cara membuatnya :
  • Pertama, siapkan tahu sumedang kemudian rendam tahu kedalam air matang yang telah disiapkan dan beri 1 sendok teh garam halus kurang lebih selama 20 menit. Setelah tahu direndam, goreng tahu sampai matang kemudian angkat dan tiriskan.
  • Setelah itu masak 250 ml air bersama dengan gula merah dan 4 sendok makan air asam jawa kemudian aduk rata sampai mendidih. Setelah mendidih kemudian angkat dan dinginkan.
  • Terakhir, potong-potong kecil tahu sumedang yang sudah digoreng tadi kemudian sajikan diatas piring saji dan tambahkan pula didalamnya air bumbu serta ulekan dari cabe dan bawang tadi.
Tahu gejrot sudah siap untuk disantap. Semoga resep dan cara menciptakan tahu gejrot lezat khas Cirebon ini sanggup membantu ibu-ibu dirumah dalam membuatnya. Terima kasih.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda