Yuukk Mari Dicoba Resep Sambal Terasinya Ala Abang-Abang Pecel Lele Pedasnya Makyusss.... - Resep Bunda

Kamis, 27 Februari 2020

Yuukk Mari Dicoba Resep Sambal Terasinya Ala Abang-Abang Pecel Lele Pedasnya Makyusss....

Biar makan makin berselera bun,enak disajikan dengan lalapan bun atau sebagai embel-embel sajian makan siang,selamat mencoba

enak disajikan dengan lalapan bun atau sebagai embel-embel sajian makan siang Yuukk mari dicoba resep sambal terasinya ala abang-abang pecel lele pedasnya makyusss....


Siapa yang tak suka sambal? Bisa dipastikan hampir semua orang Indonesia menyukai masakan yang pedas. Bahkan banyak di antaranya yang tak dapat lepas dari cabai. Entah semenjak kapan kebiasaan ini dimulai, kemungkinan dari nenek moyang, sampai ketika ini kita tak dapat lepas dari salah satu embel-embel masakan ini. Bahkan beberapa di antaranya ada yang tak dapat makan apabila tidak diiringi dengan sambal.

Banyak varian sambal di Indonesia, ini untuk memuaskan salah satu hasrat selera masakan orang kita yang tak dapat lepas dari sambal. Salah satu sambal yang paling dikenal yaitu sambal terasi. Bahkan resep sambal terasi ini sendiri ini juga masih terbagi menjadi beberapa macam jenis sambal terasi. Bahkan di setiap kawasan mempunyai racikan sambal terasinya yang berbeda-beda, menyerupai sambal terasi Sunda dan sambal terasi dari kawasan lain. Namun intinya sambal ini sama-sama memakai materi dasar terasi, namun hanya cara pengolahannya dan pencampuran bahannya saja yang berbeda, sehingga akan menciptakan rasa yang kaya dan beragam.

Terasi juga ada yang menyebutnya sebagai belacan yang mana ini terbuat dari materi dasar berupa ikan dan udang rebon yang kemudian diproses dengan cara difermentasikan. Maka dari itu kita sering mengenal ada yang namanya terasi udang dan juga terasi ikan. Cara menciptakan terasi ini juga masih sangat tradisional, ini yang menciptakan cita rasa terasi menjadi berbeda dari materi masakan lainnya. Bahan dasar berupa udang atau ikan dijemur sampai setengah kering, kemudian ditumbuk dan digiling. Dibungkus memakai daun, dibiarkan selama satu hari, dibuat dan disimpan dalam kurun waktu 1 – 4 minggu. Aromanya yang sedap dan khas, menyebabkan terasi bumbu dapur yang tak kalah terkenal dari bumbu dapur lainnya. Di bawah ini akan dibahas bagaimana cara memasak resep sambal terasi yang pedas dan lezat dengan cara yang mudah. Resep sambal ini merupakan sambal terasi standar yang dapat diikuti oleh semua orang, bukan sambal terasi dari kawasan yang memakai bahan-bahan yang berbeda. Untuk mulai membuatnya, simak materi dan langkah-langkahnya di bawah ini.

Bahan-bahan:
  • 3 siung bawang putih
  • 5 buah bawang merah
  • 1 buah tomat
  • 1 sdm terasi
  • 1 sdt garam
  • 3 sdm gula merah
  • 10 buah cabai rawit merah
  • 1 buah cabai merah besar
  • 1 buah jeruk purut

Langkah dan Cara membuat:
  1. Bersihkan semua bahan
  2. Goreng sampai matang semua materi kecuali jeruk dan gula.
  3. Ulek semua bahan, masukkan gula merah, garam. Beri air jeruk purut.
  4. Sambal siap disantap dengan lalapan dan masakan lainnya.

Cara-cara di atas yaitu cara paling gampang untuk menciptakan sambal terasi yang mudah, lezat dan pedas. Membuat sambal terasi yang lezat dan pedas memang membutuhkan keseimbangan materi yang digunakannya, maka dari itu sebelum menyuguhkan ke anggota keluarga, disarankan untuk Anda merasakan terlebih dahulu olahan sambal Anda supaya Anda dapat merasakan apa yang kurang dari olahan sambal Anda.

Praktis bukan cara menciptakan olahan sambal terasi menyerupai di atas. Setelah Anda menguasai tips dan resep sambal di atas, maka anda dapat mencoba resep sambal terasi lainnya, menyerupai sambal terasi goreng, sambal terasi mentah khas Sunda, sambal terasi plecing khas Lombok, dan masih banyak variasi sambal terasi lainnya yang harus Anda coba.

Sumber :resep.bing.my.id/search?q=resep-sambal-terasi-bunda-wulanala

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda