Cara Menciptakan Ayam Kecap Dengan Bumbu Spesial - Resep Bunda

Jumat, 28 Februari 2020

Cara Menciptakan Ayam Kecap Dengan Bumbu Spesial

Resep ayam kecap dengan bumbu istimewa yaitu sebuah resep kuliner Indonesia yang paling digemari oleh keluarga Indonesia, yahh kita harus mengakui sih, kalau kuliner ini begitu enak dan lezat.

Cara menciptakan ayam kecap harus sanggup memperhatikan cita rasa kecapnya, alasannya semakin kita bakir dalam menentukan kecap anggun maka kuliner ayam kecap kita semakin istimewa dan Istimewa tentunya.

Masakan sederhana ini sering kita jumpai di acara-acara penting kekeluargaan, menyerupai pernikahan, khitanan hingga program syukuran. Dulu waktu saya pergi ke program nikahan sobat saya, yang paling saya cari yaitu kuliner ayam kecap ini lho dan nasi goreng tentunya, alasannya kalau tidak memakan itu, serasa tidak kondangan bagi saya : )

Karena saya ingin tau bagaimana cara membuatnya jadinya saya mencari resep keluarga saya mengenai kuliner ini, dan Alhamdulillah saya nemu resepnya.

 Resep ayam kecap dengan bumbu istimewa yaitu sebuah resep kuliner Indonesia yang paling  CARA MEMBUAT AYAM KECAP DENGAN BUMBU SPESIAL

Dan waktu saya mencoba membuatnya di rumah, jawaban dari suami dan anak juga sangat positif, dan selalu saja habis, jadi seneng kalau menciptakan kuliner ini dirumah.

Nah dari situ saya hingga dikala ini, kalau ada tamu atau keluarga yang jauh mau menginap dirumah, niscaya saya akan masakkan kuliner ayam kecap ini, alasannya kuliner kecap ayam ini cocok untuk itu, dan pastinya bergizi tinggi tentunya.

Baiklah kalau Umi dirumah ingin tau bagaimana saya mengolahnya, berikut saya bagikan resep kuliner ayam kecap, selamat mencoba ya.

Resep Ayam Kecap

Bahan / Bumbu ayam kecap:
  • 1/2 kilogram ekor daging ayam
  • bawang bombai setengah butir saja, kemudian kita potong memanjang biar gampang mengolahnya
  • bawang putih 4 siung ukuran biasa, dan memarkan
  • 1 cm jahe, kemudian memarkan juga
  • 2 sendok makan air jeruk nipis
  • margarin 1 sendok makan
  • kecap anggun 5 sendok makan, atau secukupnya
  • daun bawang 2 tangkai, potonglah menyerong
  • tomat segar 1 buat, potong menjadi beberapa bab atau memanjang
  • lada putih abu cukup 2 sendok teh saja
  • garam 1/4 sendok teh, atau secukupnya
  • air higienis sekitar 100 ml
  • minyak goreng secukupnya

Cara menciptakan ayam kecap:

  1. Ambil ayamnya, kemudian bersihkan hingga benar-benar bersih
  2. potong ayam tersebut menjadi beberapa bagian 
  3. setelah ayam benar-benar bersih, kemudian letakkan potongan ayam tersebut dalam wadah yang higienis juga
  4. berikan garam setengah sendok teh dan air jeruk nipis 2 sendok makan, biar tidak amis, kemudian aduk hingga semuanya merata
  5. lalu diamkan atau sisihkan beberapa menit biar bumbunya meresap dengan baik
  6. nyalakan kompor dengan api sedang, kemudian panaskan minyak goreng secukupnya saja, 
  7. ambil daging ayamnya kemudian goreng hingga matang, tetapi tidak hingga kering semuanya, sehabis itu angkat kemudian tiriskan dan sisihkan kembali
  8. ambil margirin kemudian panaskan, tumis beberapa bahannya menyerupai bawang putih dan jahe, sehabis tumisan kita berbau harum, masukkan beberapa potongan bawang bombai atau semuanya, tumis lagi hingga bawangnya layu
  9. masukkan ayamnya, kemudian aduk hingga rata
  10. ambil kecap manisnya, tuangkan kedalam masakan, kemudian beri air, lada, garam, dan tumis semuanya hingga matang
  11. dan terakhir tambahkan tomat dan daun bawang yang telah di potong tadi, aduk hingga rata, kemudian cicipi sebentar, bila kurang asin atau manis, tambahkan garam atau kecapnya
  12. tunggu hingga matang, dan sajikan.
Bagimana Umi, sangat mudah sekali bukan, kuliner ini selain enak juga sangat bergizi lho, dan cocok sekali untuk si kecil dan suami tercinta dirumah : ).

Demikian Resep Ayam Kecap yang sanggup saya ulas kali ini, alasannya semua resep masakan yang bergizi ada di sini, hingga jumpa dan terimakasih.
source image: http://resepmasakankue.com/wp-content/uploads/2013/02/Resep-kecap-ayam-lezat.jpg

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda