Pahami Fungsi Dan Kegunaan 9 Materi Camilan Cantik Untuk Pemula, Wajib Tau Nih Bunda! - Resep Bunda

Jumat, 28 Februari 2020

Pahami Fungsi Dan Kegunaan 9 Materi Camilan Cantik Untuk Pemula, Wajib Tau Nih Bunda!

Beberapa orang mungkin belum familiar dengan istilah istilah materi menciptakan kue, menyerupai SP, baking powder dan lain lain, nah untuk menghindari kebingungan tersebut mari kita sama sama mempelajari apa saja sih fungsi dari masing masing materi untuk menciptakan camilan elok ini

 Beberapa orang mungkin belum familiar dengan istilah istilah materi menciptakan camilan elok PAHAMI FUNGSI DAN KEGUNAAN 9 BAHAN KUE UNTUK PEMULA, WAJIB TAU NIH BUNDA!

1 FERMIPAN DAN FUNGSINYA

Ragi Instan/Yeast/Biang Donat
Bahan ini dipakai untuk menciptakan campuran roti, donat, atau bakpau menjadi mengembang. Hanya sanggup dipakai untuk campuran roti, bukan cake, atau camilan elok kering. Dijual dengan merek dagang, salah satunya Fermipan.

2. Baking Powder (DOUBLE – AKTING )

Baking powder merupakan materi pengembang. Baking powder berfungsi untuk menyebarkan camilan elok atau cake.
Baking powder terdiri atas dua jenis yaitu single-acting baking powder dan double-acting baking powder.
Single-acting baking powder diaktifkan oleh cairan, jadi kau harus segera memanggang/mengukus campuran segera sesudah bahan-bahan dicampurkan kalau memakai jenis baking powder yang ini sebab begitu bertemu dengan campuran akan pribadi bereaksi membentuk gelembung gas.

Double-acting baking powder bereaksi dalam dua tahap dan sanggup bertahan untuk beberapa ketika menunggu campuran di panggang/dikukus. Makara kalau oven/kukusan anda terbatas tempatnya sementara kau harus memanggang atau mengukus cake dalam jumlah banyak, maka gunakan double-acting baking powder biar camilan elok atau roti kau tetap mengembang dengan baik meski masih banyak antrian loyang yang harus masuk ke oven.

3. Cream of Tar-Tar

Krim ini membantu mengeluarkan gas dalam campuran cake, biar lebih mengembang dan biasa dipakai untuk mengocok putih telur biar lebih
kaku.

4. Baking Powder Single – akting

Sudah ada klarifikasi di NO.2

5. SODA KUE / BAKING SODA

Merupakan komponen baking powder, kandungannya yaitu sodium bicarbonat. Sifat materi ini mengeluarkan gas (CO2) sehingga camilan elok akan mengembang. Untuk menciptakan cake, penggunaannya biasanya bersamaan dengan baking powder. Untuk camilan elok kering, soda camilan elok memperlihatkan pengaruh tekstur kering, garing, dan renyah. Untuk menciptakan cake sebenarya memakai baking powder saja sudah cukup.

6. Ovalet, TBM & SP (Emulsifier)

Ovalet, TBM, dan SP merupakan merek dagang. Pada dasarnya mempunyai fungsi yang sama, yaitu sebagai materi pelembut atau emulsifier dalam menciptakan cake, sehingga fungsinya sanggup saling menggantikan dalam campuran cake. Namun, yang membedakan materi pengemulsi ini terletak pada kualitasnya, sebab diproduksi oleh perusahaan yang berbeda. Fungsinya sebagai emulsifier sehingga adonaan jadi lebih lembut.

7. TBM

TBM berfungsi memperbaiki tekstur cake menjadi lebih lembut. TBM yaitu merek dagang, komposisi kimia materi ini sama dengan ovalet yaitu mono dan digliserida. Biasanya ditambahkan ketika pengocokan campuran telur. Penggunaanya sekitar 1 sendok teh untuk 5 butir telur. Bentuknya pasta menyerupai ovalet. Merek TBM yang populer yaitu TBM cap Koepoe-Koepoe.

8. SP

Fungsi SP tidak jauh berbeda dengan ovalet atau TBM yaitu menciptakan campuran menjadi homogen dan tidak gampang turun ketika dikocok atau biasa di sebut cake emulsifier. Biasanya dipakai untuk cake, bolu atau kue-kue lain yang memakai teknik telur dikocok sampai mengembang kaku.
Sifatnya melembutkan tekstur cake dan menciptakan campuran lebih menyatu. Penggunaan SP lebih direkomendasikan dalam pembuatan cake, sebab hasil pengocokkan campuran sanggup lebih stabil, sehingga kesudahannya lebih maksimal.

9. Bread Improver

Bahan ini ditambahkan pada campuran untuk meningkatkan kualitas roti. Roti jadi lebih empuk, lebih lembap, seratnya lebih halus, fermentasi makin singkat, dan memperpanjang daya simpan. Di pasaran dijual dengan salah satu merek dagang Unipan.

Via : bobobibi.com

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda