Resep Ayam Goreng Serundeng. Sajian Favorit Gres Anak-Anak - Resep Bunda

Jumat, 28 Februari 2020

Resep Ayam Goreng Serundeng. Sajian Favorit Gres Anak-Anak

Ayam goreng tentu jadi sajian yang udah enggak ajaib lagi dong buat Bunda. Selain alasannya ialah simpel masaknya, rasanya juga yummy dan keluarga banyak yang suka.

Tapi Bunda, kalo cuma sekedar masak ayam goreng biasa, lama-lama rasanya jadi bosen. Nah, Bunda dapat tuh bikin kreasi dari ayam goreng contohnya aja pake resep ayam goreng serundeng yang rasanya beda dan yummy banget.

 Ayam goreng tentu jadi sajian yang udah enggak ajaib lagi dong buat Bunda Resep Ayam Goreng Serundeng. Menu Favorit Baru Anak-Anak


Pasti keluarga di rumah makin suka. Ayam goreng serundeng bahu-membahu sama aja kok sama ayam goreng biasanya, cuma ada pelengkap serundengnya aja. Serundeng sendiri jadi masakan khas dari Indonesia yang biasanya sering digunakan teman lauk pauk sama nasi juga. Serundeng pada resep ini dikasih pelengkap bumbu, jadi lebih yummy rasanya.

Menu ayam goreng serundeng memang bukan sajian sering dibentuk di rumah, jadi kehadirannya cukup Istimewa dan dapat bikin nafsu makan keluarga makin meningkat. Enggak cuma dibentuk keluarga aja Bunda, sajian ini juga cocok buat program hajatan atau sekedar arisan di rumah. Siapa tahu banyak yang suka dan Bunda dapat buka usaha, tidak mengecewakan untuk pelengkap penghasilan rumah, hehe….

Kalo bunda bikin serundengnya dalam jumlah banyak, dapat juga sisanya disimpen di kulkas, tidak mengecewakan buat stok jikalau pas lagi males masak bun, hihi. Nah, daripada penasaran, yuk eksklusif kita simak aja resep ayam goreng serundeng berikut ini.

Bahan-bahan
  • 4 potong ayam paha atas bawah
  • 150 gr kelapa parut (sangrai)
  • 2 lbr daun salam
  • 2 ruas lengkuas (parut)
  • Secukupnya air buat mengungkep ayam

Bumbu halus:
  • 3 siung bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 1/2 sdm biji ketumbar
  • 2 ruas kunyit
  • 2 butir kemiri
  • Secukupnya garam, gula pasir

Langkah Membuat
  1. Siapkan bahan2. Cuci bersih. Parut lengkuas.
  2. Ulek bumbu halus.
  3. Panaskan sedikit minyak kemudian tumis bumbu halus hingga harum. Masukan daun salam, lengkuas dan ayam. Tuang air. Cek rasa. Diamkan hingga ayam menyerap bumbu / hingga air menyusut (sisakan air untuk kelapa sangrai).
  4. Bila dirasa cukup Angkat ayam dan sisihkan.
  5. Masukan kelapa sangrai ke air bekas ungkepan ayam yg masi sisa sedikit airnya. Aduk rata.
  6. Panaskan minyak di wajan lain dan goreng kelapa hingga garing kecoklatan.
  7. Tiriskan. Simpan di wadah tertutup semoga awet.
  8. Goreng ayam hingga kuning kecoklatan. Tata di piring Beri awuran serundeng kelapa diatasnya.
  9. Ayam goreng serundeng siap santap.

Itu beliau Bunda materi sama langkah buat bikin resep ayam goreng serundeng, enggak susah kan? Bahan yang digunakan juga engga terlalu banyak jadi enggak bikin ribet. Menu ini enggak bakalan bikin nyesel kok Bunda, soalnya belakangan ini juga banyak yang suka sama ayam goreng serundeng. Selamat mencoba Bunda, terimakasih.

Sumber

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda