Resep Dan Cara Menciptakan Bajigur Hangat Khas Sunda - Resep Bunda

Jumat, 28 Februari 2020

Resep Dan Cara Menciptakan Bajigur Hangat Khas Sunda


Bajigur merupakan salah satu minuman hangat tradisional dari kawasan Jawa Barat khususnya di kawasan Sunda, Indonesia. Bahan utama untuk menciptakan bajigur ini antara lain jahe, vanili bubuk, gula aren, santan serta ditambah sedikit garam. Dalam penyajian minuman hangat ini, seringkali ditambah dengan sedikit cuilan buah kolang-kaling, dan juga dihidangkan bersama dengan kacang rebus atau ubi rebus. Bajigur sangat cocok untuk dinikmati saat cuaca masbodoh atau sedang turun hujan.
Seiring dengan berkembangnya zaman yang begitu pesat, bajigur ada yang dikemas dalam bentuk instan menyerupai debu kopi yang tinggal diseduh dengan air panas saja, dengan tujuan supaya sanggup dinikmati secara gampang tanpa perlu repot-repot. Adapun cara menciptakan bajigur secara tradisonal sebagai berikut.
Bahan-bahan :
  1. 1 ruas jahe (bakar kemudian bersihkan kulitnya).
  2. 1 ½ liter santan kelapa.
  3. 250 gram gula aren (sisir halus).
  4. 1 ruas kayu cantik ukuran 3 cm.
  5. 2 lembar daun pandan (ukuran 20 cm kemudian ikat simpul).
  6. 1 sdm gula pasir.
  7. 1 sdm kopi bubuk.
  8. ½ sdt vanili bubuk.
  9. ½ sdt garam halus.
  10. Irisan buah kolang-kaling secukupnya.
Cara membuatnya :
  • Mula-mula masak sampai mendidih santan kelapa bersama daun pandan, gula aren, serta gula pasir sambil diaduk-aduk dimaksukan biar kandungan dari santan kelapa tidak pecah.
  • Setelah itu, tambahkan jahe, kayu manis, daun pandan, kopi bubuk, vanili bubuk, garam halus, serta kolang-kaling kemudian masak sampai mendidih kemudian angkat dan saring airnya.
  • Terakhir, sajikan bajigur selagi hangat.
Selamat mencoba resep dan cara menciptakan bajigur hangat khas Sunda ini, semoga sanggup membantu anda dirumah dalam membuatnya. Terima kasih.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda