Resep Sehat Bakso Ayam Goreng Yang Super Nikmat - Resep Bunda

Jumat, 28 Februari 2020

Resep Sehat Bakso Ayam Goreng Yang Super Nikmat

Untuk bunda penikmat bakso, resep yang  dibagikan kali ini sangat recommended dan wajib untuk di coba. bakso ayam goreng ini selain rasanya yang yummy dan kenyal, kondusif dan sehat untuk di konsumsi, lantaran bahan-bahan yang di gunakan ada materi sayuran yang segar.

 dibagikan kali ini sangat recommended dan wajib untuk di coba Resep Sehat Bakso Ayam Goreng Yang Super Nikmat


Bakso ayam goreng ini cocok sekali untuk kuliner ringan dan bawah umur niscaya akan menyukainya. Daripada bawah umur jajan sembarangan yang tidak terperinci kebersihan dan kualitas makanannya, mending bunda bikinin bakso ayam goreng yang kaya vitamin. Resep bakso goreng ini saya dapatkan dari bunda Novalia Rika, terimakasih bunda ya sudah mau membuatkan ilmunya....!

Sedikit tips, semoga kuliner yang bunda masak tetap sehat, terutama yang di goreng, sebaiknya gunakan minyak goreng yang fresh, hindari menggunakan minyak goreng yang sudah di pakai berulang kali. Selain itu juga, tiriskan bakso dengan menyimpan bakso yng sudah matang di atas tissu tebal, gunanya untuk mengurangi kandungan minyak yang melekat pada baso goreng ini, lantaran tissu bisa menyerap cairan dengan baik.

Bakso Ayam Goreng

Bahan - Bahan
  • Ayam sebanyak 300 gram
  • Tepung sagu / tapioka sebanyak 150 gram
  • Wortel potong dadu sebanyak 100 gram
  • Bawang daun sebanyak 5 batang
  • Minyak gres sebanyak 2 sendok makan
  • Putih telur sebanyak 2 butir
  • Garam sebanyak 1 sendok makan munjung
  • Minyak wijen sebanyak 1 sendok makan
  • Gula sebanyak 1 sendok makan
  • Kaldu udang sebanyak 3 sendok makan atau kalo bunda mau menciptakan kaldu udang sendiri caranya dengan merebus kepala atau daging udang dengan wortel kemudian beri garam secukupnya.


Cara Membuat Saus Cuka
  • Haluskan cabe rawit dengan sedikit garam menggunakan ulegan hingga halus kemudian tambahkan bawang putih dan uleg kembali hingga halus.
  • Setelah itu tambahkan gula merah dan perasan air jeruk.uleg hingga halus dan apabila saus cuka terlalu kental bisa bunda tambahkan 1 sendok makan air hangat.


Cara Membuat Baso Ayam Goreng
  1. Pertama fillet dagin ayam hingga higienis dari tulang dan kulitnya dan basuh higienis kemudian potong-potong kecil.
  2. Setelah itu masukkan daging ayam tersebut ke dalam tabung blender dengan, 3 sendok makan air kaldu udang dan 2 butir putih telur, kemudian proses hingga halus dan kenyal. Penggunaan putih telur wajib hukumnya lantaran untuk menciptakan campuran bakso menjadi lebih kenyal.
  3. Dalam wadah, campurkan ayam yang telah diblender dengan 5 batang bawang daun yang sudah di iris, 100 gram wortel, 1 sendok makan munjung garam, 2 sendok makan minyak sayur, 1 sendok makan gula dan 1 sendok makan minyak wijen, aduk rata.
  4. Masukkan 150 gram tepung sagu sedikit - sedikit sambil campuran terus di aduk dengan spatula hingga tercampur rata.
  5. Bentuk adonn dengan berbentuk lingkaran menggunakan tangan dan sendok, kemudian masukkan ke dalam wajan yang sudah di panaskan minyaknya.
  6. Goreng bkaso di atas api sedang hingga berwarna keemasan, kemudian angkat dan tiriskan di atas tissue tebal.
  7. Bakso ayam goreng yummy dan gurih serta sehat ini, siap untuk di sajikan selagi masih panas dengan saus cuka, atau bunda juga bisa menikmati basko goreng ini dengan di buatkan sup.


Selamat Mencoba!... dan Jangan lupa untuk membagikan resepnya ke teman-teman bunda yang lain.

Resep by: Novalia Rika 

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda