Resep Dan Cara Menciptakan Camilan Bagus Sus Bagus Dan Lembut - Resep Bunda

Jumat, 28 Februari 2020

Resep Dan Cara Menciptakan Camilan Bagus Sus Bagus Dan Lembut


Kue soes atau oarang Indonesia menyebutnya dengan nama kue sus merupakan sejenis masakan ringan anggun berair yang mempunyai bentuk agak bulat dan dialamnya diisi dengan campuran fla (vla). Kue sus yang memilili isian fla biasanya dihidangkan dalam keadaaan cuek yang disimpan terlebih dahulu dalam lemari es. Vla tersebut mempunyai materi pokok berupa susu dan bila susu tersebut terlalu usang dalam cuaca yang kurang pas maka akan menjadi cepat basi.
Adonan kue sus sendiri sangat berbeda dengan campuran cake atau masakan ringan anggun bolu pada umumnya, kue sus ini adonannya dibentuk dengan mencampurkan air yang telah dimasak dengan margarin hingga mendidih kemudian diaduk bersama dengan tepung terigu beserta bahan-bahan lainnya.
Dalam artikel kali ini akan dibahas secara lengkap wacana apa resep serta bagaimana cara menciptakan masakan ringan anggun manis nan lembut ini.

Bahan :
  1. 150 gram tepung terigu (kwalitas baik).
  2. 250 ml air bersih.
  3. 125 gram mentega atau margarine.
  4. 1/4 sdt baking powder.
  5. 5 butir telur ayam.
  6. 1/2 sdm garam halus.
Bahan Vla atau isian masakan ringan anggun sus :
  1. 250 ml susu cair (utamakan susu cair dengan rasa tawar).
  2. 60 gram gula pasir (kwalitas baik).
  3. 2 sdm tepung terigu.
  4. 4 sdm tepung maizena.
  5. 1/2 sdt garam halus.
  6. 1 sdm mentega atau margarine.
  7. 2 butir telur ayam (ambil kuningnya saja).
  8. 1/2 sdt vanili bubuk.
  9. 2 sdt rum.
Cara membuatnya :
  • untuk menciptakan isian masakan ringan anggun sus atau Vla : Pertama, masak hingga mendidih susu cair bersama dengan gulap pasir, tepung terigu, tepung maizena, serta garam halus sambil diaduk, masak kesemua materi tersebut hingga mengental kemudian angkat.
  • Selanjutnya, masukkan kedalam larutan tadi mentega, kuning telur, vanilli serta rum kemudian aduk kesemua materi tersebut hingga tercampur rata kemudian dinginkan.
  • Untuk menciptakan adoanan masakan ringan anggun sus : Mula-mula masak air bersama dengan mentaga dan garam hingga mendidih. Setelah larutan mentega mendidih, tambahkan tepung terigu kedalamnya secara perlahan sambil campuran diaduk hingga semua materi tercampur rata serta kalis dan tidak lengket, kemudian angkat adonan.
  • Selanjutnya tambahkan baking powder dan pecahkan telur satu per satu kedalam campuran tadi kemudian aduk kembali hingga semua materi tercampur rata.
  • Setelah campuran sudah selesai, siapkan bungkus plastik berbentuk segitiga kemudian masukkan campuran tadi kedalamnya dan lubangi bab ujung plastik tersebut. kemudian selanjutnya siapkan cetakan masakan ringan anggun sus kemudian semprotkan campuran tadi kedalam cetakannya yang teah diolesi dengan sedikit mentega. Lakukan hingga semua campuran habis.
  • Kemudian panggang campuran masakan ringan anggun susu tadi hingga mengembang dan maatang dengan warna kuning sedikit kecoklatan, kemudian sehabis semua campuran matang kemudian angkat dan tiriskan.
  • Tahap selanjutnya, iris semua bab tengah masakan ringan anggun sus kemudian beri isian dengan Vla yang telah dibentuk tadi.
  • Terakhir, sajikan masakan ringan anggun sus dalam keadaan cuek diatas piring saji.
Selamat mencoba resep dan cara menciptakan masakan ringan anggun sus anggun dan lembut ini, biar sanggup bermanfat bagi ibu-ibu dirumah dalam menghidangkan menu enak dirumahnya. Terima kasih.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda