Resep Dan Cara Menciptakan Pepes Ikan Peda Enak Dan Lezat - Resep Bunda

Jumat, 28 Februari 2020

Resep Dan Cara Menciptakan Pepes Ikan Peda Enak Dan Lezat


Pepes Ikan Peda Enak dan Lezat - Pada pagi hari yang cerah ini penulis akan membahas resep yang berbahan dasar ikan peda. Ikan peda ini nantinya akan dibentuk menjadi suatu masakan adalah pepes ikan peda. Pepes ikan peda merupakan suatu masakan yang dimasak memakai ikan peda dan beberapa komplemen bumbu rempah kemudian dikukus sampai matang. Masakan ini sangat nikmat sekali bila disantap bersama dengan nasi putih hangat kemudian ditambah dengan sambal serta lalapannya. Dalam menciptakan masakan yang tentunya enak ini kita juga memerlukan bahan-bahan pokok dalam membuatnya menyerupai ikan peda itu sendiri yang akan jadi materi utamanya, kemudian kelapa muda yang diparut, cabai, tomat, serta beberapa komplemen bumbu rempah lainnya. Proses menciptakan pepes ini juga sanggup dibilang simple dan sederhana. Untuk sanggup mengetahui penggunaan materi serta proses pengolahannya secara lengkap diantaranya sebagai berikut.

Bahan :
  1. 2 ekor ikan peda segar (bersihkan dan siangi kemudian ambil bab daginggnya saja).
  2. 30 gram kelapa muda parut.
  3. 1 buah tomat (iris tipis).
  4. 6 buah cabe merah.
  5. 4 buah cabe rawit merah.
  6. 3 lembar daun salam.
  7. 2 batang serai ambil bab putihnya saja (memarkan).
  8. 2 ruas kunyit dengan ukuran masing-masing sekitar 2 cm (bakar).
  9. 1 ruas jahe dengan ukuran sekitar 2 cm.
  10. Garam bernafsu secukupnya.
  11. Gula pasir secukupnya.
  12. Daun pisang secukupnya untuk membungkus.
Cara membuatnya :
  • Mula-mula siapkan ikan pedanya kemudian rendam sebentar kira-kira 15 menit dengan memakai air panas. Selanjutnya siapkan wajan kemudian sangrai kelapa muda parut tadi sampai berubah warna menjadi kuning keemasan dan kering kemudian sisihkan.
  • Setelah itu, iris tipis serai yang telah dimemarkan tadi kemudian ulek sampai halus bahan-bahan menyerupai tomat, cabe merah, serai, kunyit, jahe, garam dan gula pasir.
  • Kemudian campurkan ikan peda dan kelapa parut sangrai kedalam bumbu halus tadi kemudian aduk sampai kesemua materi tercampur rata.
  • Selanjutnya ambil selembar daun pisang kemudian taruh gabungan ikan peda tadi diatas daun pisang kemudian tambahkan pula cabe rawit merah dan daun salam. kemudian tutup dan rapatkan daun pisang yang sudah diberi gabungan ikan peda tadi dan kukus pepes ikan kurang lebih sekitar 20-30 menit. Setelah dikukus supaya pepes ikan peda terasa lebih lezat, panggang sebentar pepes ikan kurang lebih sekitar 10 menit kemudian angkat dan sajikan. 
Selamat mencoba resep dan cara menciptakan pepes ikan peda enak dan lezat ini. Semoga resep dengan materi dasar berupa ikan peda ini sanggup membantu ibu-ibu dirumah dalam memasak serta menghidangkan sajian-sajian yang Istimewa kepada anak dan suami tercinta dirumah. Terima kasih.

RESEP DAN CARA MEMBUAT PEPES IKAN PEDA ENAK DAN LEZAT

Pepes ikan peda merupakan suatu masakan yang dimasak memakai ikan peda dan beberapa komplemen bumbu rempah kemudian dikukus sampai matang. 5 out of 5 based on 20 ratings. 5 user reviews:

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda