Resep Dan Cara Menciptakan Pepes Ikan Tongkol Enak Dan Lezat - Resep Bunda

Jumat, 28 Februari 2020

Resep Dan Cara Menciptakan Pepes Ikan Tongkol Enak Dan Lezat


PEPES IKAN TONGKOL ENAK DAN LEZAT - Berbagai macam resep kuliner yang ada di Indonesia merupakan reresp-resep tradisional dari banyak sekali macam kawasan yang ada di Indonesia, sama halnya ibarat resep yang akan kita bahas hari ini yaitu resep pepes ikan tongkol. Ikan tongkol yaitu salah satu jenis ikan maritim yang kaya akan protein hewani serta sangat enak jikalau sudah diolah menjadi suatu makanan. Dalam mengolah kuliner ini tidaklah sulit untuk dilakukan, bahan-bahan yang dibutuhkanpun sering kita jumpai dan sangat gampang pula untuk didapat ibarat materi utamanya sendiri yaitu ikan tongkol ditambah dengan materi bumbunya ibarat bawang merah, bawang putih, cabe merah, kunyit, asam jawa, gula merah serta beberapa bumbu komplemen lainnya. Untuk mengetahui apa saja bumbu serta cara membuat pepes ikan tongkol ini antara lain sebagai berikut.

Bahan :

  1. 2 ekor ikan tongkol ukuran sedang (cuci higienis kemudian potong sesuai selera).
  2. 2 lembar daun salam.
  3. Beberapa lembar daun pisang (untuk membungkus).
Bumbu yang dihaluskan :
  1. 4 siung bawang merah.
  2. 4 siung bawang putih.
  3. 6 buah cabe merah keriting.
  4. 1 ruas kunyit kira-kira 2 cm.
  5. Asam jawa (secukupnya).
  6. 5 sdm gula merah.
  7. Garam halus (secukupnya).
  8. Penyedap Rasa (secukupnya).
Cara membuatnya :
  • Mula-mula ulek halus semua materi bumbu yang dihaluskan ibarat bawang merah, bawang putih, cabe merah keriting, 2 cm kunyit, asam jawa, serta gula merah.
  • Tambahkan pula garam halus serta penyedap rasa kedalam ulekan bumbu yang dihaluskan.
  • Selanjutnya masukkan pecahan ikan tongkol kedalam bumbu halus kemudian aduk-aduk rata semoga semua bumbu menutupi semua pecahan ikan tongkolnya.
  • Setelah itu siapkan beberapa lembar daun pisang dan beri daun salam diatasnya, kemudian tambahkan pecahan ikan yang telah dibumbui kemudian bungkus dan tutup rapat daun pisangnya. Kukus hingga pepes benar-benar matang.
  • Terakhir sajikan pepes ikan tongkol selagi hangat bersama nasi putih hangat.
Selamat mencoba resep dan cara membuat pepes ikan tongkol enak dan lezat ini. Semoga resepe pepes yang dibahas dalam artikel kali ini sanggup lebih bermanfaat serta sanggup membuat ibu-ibu dirumah berkreasi membuat resep yang tentunya enak untuk dihidangkan kepada keluarga tercinta. Terima kasih.

RESEP DAN CARA MEMBUAT PEPES IKAN TONGKOL ENAK DAN LEZAT

Berbagai macam resep kuliner yang ada di Indonesia merupakan reresp-resep tradisional dari banyak sekali macam kawasan yang ada di Indonesia, sama halnya ibarat resep yang akan kita bahas hari ini yaitu resep pepes ikan tongkol. 5 out of 5 based on 20 ratings. 5 user reviews:

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda