Resep Dan Cara Menciptakan Pindang Serani Yummy Khas Jepara - Resep Bunda

Jumat, 28 Februari 2020

Resep Dan Cara Menciptakan Pindang Serani Yummy Khas Jepara


Masakan yang akan kita bahas dalam artikel kali ini ialah "Pindang Serani". Pindang Serani merupakan kuliner yang diolah dari materi dasar berupa ikan bahari dan kuliner ini juga merupakan kuliner khas dari tempat Jepara, Jawa Tengah. pindang serani memiliki adonan rasa antara rasa asam, pedas serta bagus yang hampir serupa dengan pindang ikan pada umumnya.
Masakan ini diolah dari materi dasar berupak ikan bandeng. Untuk proses menciptakan olahan ikan bandeng yang enak ini sanggup dikatakan tidak terlalu sulit, adapun proses pengolahannya sebagai berikut.

Bahan-bahan :
  1. 1 kg ikan bandeng (untuk 1 ekor ikan).
  2. 3 sdm minyak goreng.
  3. 4 buah cabe merah keriting (ptong menjadi 2 bagian).
  4. 15 buah cabe rawit merah.
  5. 7 siung bawang merah (bakar kemudian geprek dan memarkan).
  6. 2 siung bawang putih (bakar kemudian geprek dan memarkan).
  7. 1 ruas lengkuas kira-kira 1 cm (bakar kemudian geprek dan memarkan).
  8. 1 ruas kunyit kira-kira 1 cm (bakar kemudian geprek dan memarkan).
  9. 1 batang serai (geprek dan memarkan).
  10. 1 buah jeruk nipis.
  11. 2 lbr daun salam.
  12. 1/2 sdm asam jawa.
  13. 1/2 sdm gula pasir.
  14. 1/2 sdm garam (sebagai bumbu).
  15. 1/2 sdm garam (untuk lumuran ikan bandeng).
  16. 1/2 liter air.
Cara membuatnya :
  • Mula-mula siangi dan bersihkan ikan bandeng kemudian potong menjadi 3 bab atau beberapa bab sesuai selera. Selanjutnya taburi ikan bandeng dengan memakai air perasan jeruk nipis dan garam untuk menghilangkan rasa anyir ikan.
  • Setelah itu, hangatkan minyak goreng kemudian tumis bahan-bahan ibarat cabe merah, cabe rawit, bawang merah, bawang putih, lengkuas, kunyit, serta daun salam. Tumis bahan-bahan tersebut sampai harum. Setelah tumisan berbau harum, tuangkan 1/2 liter air kedalamnya kemudian masak kembali sampai mendidih.
  • Kemudian masukkan pula kedalam tumisan bumbu tadi asam jawa, gula pasir, garam, serta potongan ikan tadi kemudian masak kembali sampai daging ikan menjadi empuk dan bumbu-bumbu meresap kedalam ikan.
  • Terakhir, angkat dan sajikan pindang serani diatas mangkuk saji.
Masakan ini sangat nikmat disantap bersama dengan nasi putih hangat serta lalapan lainnya. Selamat mencoba resep dan cara menciptakan pindang serani enak khas Jepara ini, agar sanggup memperlihatkan manfaat serta menyebarkan ilmu untuk ibu-ibu dirumah. Terima kasih.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda