Resep Dan Cara Menciptakan Rengginang Gurih Dan Enak Khas Jawa Tengah - Resep Bunda

Jumat, 28 Februari 2020

Resep Dan Cara Menciptakan Rengginang Gurih Dan Enak Khas Jawa Tengah


Rengginang merupakan salah satu jajanan khas tempat Yogyakarta. Rengginang yaitu salah satu jenis kerupuk yang mempunyai bentuk khas ialah masih dalam bentuk butiran beras ketan yang diolah dan dibuat dari beras ketan kemudian dijemur dan dikeringkan dibawah sinar matahari kemudian selanjutnya digoreng. Ada banyak macam kreasi dari rengginang, ada yang diberi rasa asin dan juga manis. Dan ada juga kreasi dari rengginang dengan rasa udang kering ataupun terasi.

Bahan-bahan :

1. ½ kg ketan putih (Cuci dan bersihkan, rendam kira-kira selama 1 jam).
2. 1 sdm gula pasir.
3. 1 sdm garam.
4. 2 cangkir air masak.

Bahan-bahan yang dihaluskan :  

1. 4 siung bawang putih.
2. 1 sdm terasi (bakar).

Cara menciptakan :
  1. Pertama kukus beras ketan kurang lebih 20 menit kemudian angkat dan tiriskan.
  2. Selanjutnya siapkan bejana kecil kemudian masukkan bahan-bahan rengginang yang dihaluskan bersama gula pasir, garam dan air masak kemudian aduk gabungan sampai tercampur rata.
  3. Selanjutnya masukkan beras ketan yang sudah dikukus kedalam bejana yang berisi adukan bumbu tadi. Aduk bumbu secara merata kemudian diamkan sampai air mengering dan bumbu meresap. Setelah itu, masak dan kukus kembali gabungan sampai matang kemudian angkat dan tiriskan.
  4. Kemudian ambil sejumput ketan tadi, kemudian bentuk pipih sesuai selera. Selanjutnya, taruh diatas tampah semua gabungan yang sudah dibentuk.
  5. Jemur rengginang dibawah terik matahari sampai kering merata disetiap sisi selama 1-2 hari supaya rengginang lebih renyah sehabis digoreng.
  6. Setelah kering, siapkan wajan dan panaskan minyak goreng kemudian goreng rengginang sampai matang, kemudian angkat kemudian tiriskan.
  7. Masukkan rengginang yang sudah digoreng kedalam toples supaya tetap renyah.
Rengginang khas Jogja sudah sudah siap disantap. Selamat mencoba resep dan cara menciptakan rengginang khas Jogja .

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda