Resep Dan Cara Menciptakan Risoles Yummy Dan Gurih Khas Jakarta - Resep Bunda

Jumat, 28 Februari 2020

Resep Dan Cara Menciptakan Risoles Yummy Dan Gurih Khas Jakarta

Risoles adalah sejenis makanan cemilan atau jajanan khas dari kawasan Jakarta, Indonesia. Risoles dalam bahasa Belanda disebut rissole, yaitu pastri yang berisi daging cincang serta sayur-sayuran yang digulung dadar yang kemudian diberi lapisan tepung panir kemudian digoreng sampai kecoklatan. Isi dalam risoles bisa berupa pecahan daging sapi cincang, daging ayam, daging ikan atupun udang, serta sayur-sayuran ibarat kentang, wortel maupun jamur kancing. Untuk kulit dadar pada risoles dapat dibentuk dari bahan-bahan ibarat tepung terigu, mentega, kuning telur serta air susu.
Ada 2 jenis risoles yang sangat dikenal di Indonesia, yang pertama risoles dengan isian sayuran kemudian dicampur dengan daging cincang, dan yang kedua risoles dengan isian ragout atau potongan-potongan wortel, kentang dan sayuran lainnya. Dalam artikel kali ini akan dibahas mengenai resep dan cara menciptakan risoles khas Jakarta.

Bahan untuk isian risoles :

1. 2 buah wortel (bersihkan kemudian potong dadu kecil).
2. 2 buah kentang (bersihkan kemudian potong dadu kecil).
3. 300 gram suwiran daging ayam goreng.
4. 2 butir telur.
5. 4 siung bawang merah (cacah halus).
6. 4 siung bawang putih (cacah halus).
7. 1 cangkir susu cair.
8. 1 cangkir air matang.
9. ½ cangkir terigu (larutkan dalam air secukupnya).
10. Garam secukupnya.
11. Gula pasir secukupnya.
12. ½ sdt merica bubuk.
13. 3 sdm margarine (untuk menumis).

Bahan untuk kulit risoles :

1. 500 gram tepung terigu.
2. 5 butir telur ayam.
3. 1 liter air susu.
4. 1 sdm garam.
5. 8 sdm minyak goreng.
6. 1 sdm minyak goreng (untuk olesan dikala menciptakan kulit dadar).

Bahan perhiasan :

1. 300 gram tepung panir.
2. 1 butir telur.

Cara menciptakan isian risoles :
  • Mula-mula siapkan wajan kemudian panaskan margarine. Tumis bawang bawang merah dan bawang putih sampai harum kemudian masukkan larutan tepung terigu kemudian aduk secara merata.
  • Selanjutnya tuangkan 1 cangkir air masak kemudian masukkan juga wortel, kentang, suwiran daging ayam dan telur kemudian aduk merata. Masak sampai wortel dan kentang matang.
  • Setelah wortel dan kentang matang, tambahkan garam, gula pasir serta merica kemudian tuangkan pula secara perlahan 1 cangkir susu cair kemudian aduk secara perlahan dan masak kembali sampai semua materi benar-benar matang.
Cara menciptakan kulit risoles :
  • Pertama aduk memakai mixer 5 butir telur ayam beserta garam, kemudian masukkan susu cair secara perlahan sambil gabungan diaduk secara merata. Tambahkan 500 gram tepung terigu sambil diaduk memakai tangan sampai gabungan licin kemudian tambahkan pula 8 sendok minyak goreng kemudian aduk kembali sampai rata.
  • Selanjutnya, siapkan wajan kemudian olesi dengan minyak goreng. Setelah itu bentuk lembaran-lembaran kulit dadar tipis dari gabungan tadi diatas wajan. Lakukan untuk semua gabungan sampai gabungan habis.
Cara menciptakan :
  • Pertama, ambil 1 lembar kulit dadar kemudian isi secukupnya dengan isian risoles tadi kemudian gulung risoles, selanjutnya rekatkan kulit dadar dengan putih telur. Lakukan sampai semua kulit dadar dan isian risoles habis.
  • Selanjutnya, kocok 1 butir telur ayam kemudian celupkan risoles kedalam kocokan telur kemudian taburi dengan tepung panir yang telah disiapkan sebelumnya. Setelah itu, diamkan risoles kira-kira setengah jam sebelum risoles digoreng.
  • Setelah 30 menit, goreng semua risoles sampai risoles berwarna keemasan kemudian aangkat dantiriskan. Sajikan risoles diatas piring saji.  
Risoles lebih yummy dimakan bersama sambal botol ataupun cabe rawit. Selamat mencoba resep dan cara menciptakan risoles yummy dan gurih khas Jakarta.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda