Resep Dan Cara Menciptakan Sambal Bacang Enak Dan Enak Khas Sumatera Selatan - Resep Bunda

Jumat, 28 Februari 2020

Resep Dan Cara Menciptakan Sambal Bacang Enak Dan Enak Khas Sumatera Selatan


Bacang (Mbacang atau Macang) merupakan sejenis pohon buah yang masih satu family dengan pohon mangga. Buah bacang memiliki rasa yang agak asam dibandingkan dengan buah mangga. Kebanyakan orang Indonesia khususnya masyarakat Sumatera Selatan memakai buah bacang ini sebagai materi tambahan untuk menciptakan sambal, dikarenakan rasa bacang yang agak asam sehingga sangat cocok dan nikmat sekali bila dipadukan dengan rasa pedas dari cabai. Sambal bacang biasanya disajikan sebagai makanan suplemen bersama dengan nasi putih dan lauk-pauknya menyerupai ikan goreng atau ayam goreng.
Dalam artikel kali ini akan kita bahas mengenai bagaimana cara mengolah buah bacang agar menjadi hidangan yang enak dan lezat.

Bahan-bahan :
  1. 1 buah bacang yang masak.
  2. 5 buah Cabai rawit.
  3. 8 buah Cabai merah keriting.
  4. 2 siung bawang merah.
  5. 1 siung bawang putih.
  6. 1 sdm terasi bakar.
  7. Garam halus secukupnya.
Cara Membuatnya:
  • Mula-mula ulek bahan-bahan menyerupai cabe merah keriting, cabe rawit, bawang merah, bawang putih, terasi bakar serta garam sampai kesemua materi halus dan tercampur rata.
  • Setelah itu, kupas buah macang kemudian cacah-cacah berangasan buah bacang.
  • Selanjutnya masukkan buah bacang yang telah dicacah berangasan kedalam sambal yang yang telah diulek tadi, kemudian aduk-aduk sambal bersama cacahan buah bacang sampai tercampur rata.
  • Terakhir, sajikan sambal bacang sebagai hidangan pelengkap.
Selamat mencoba resep dan cara menciptakan sambal bacang enak dan enak khas Sumatera Selatan ini, Semoga sanggup membantu ibu-ibu dirumah dalam berkreasi menciptakan sambal yang enak untuk hidangan dirumah. Terima kasih.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda