Resep Dan Cara Menciptakan Steak Ayam Yummy Dan Gurih - Resep Bunda

Jumat, 28 Februari 2020

Resep Dan Cara Menciptakan Steak Ayam Yummy Dan Gurih


Steak Ayam Enak dan Gurih - Semangat pagi untuk para pembaca, pada kesempatan dipagi yang cerah ini penulis akan coba mebahas resep mengenai suatu kuliner yang nantinya sanggup dijadikan lauk makan sebagai sajian bersama nasi putih hangat. Masakan yang akan kita buat ini ialah stek ayam. Steak ayam merupakan salah satu jenis kuliner dimana cuilan daging ayam yang menjadi materi utamanya kemudian dipanggang dan diberi bumbu pelengkapnya sehingga menjadikannya kuliner yang lezat. Masakan ini sangat cocok sekali menjadi sajian special dirumah saat semua anggota keluarga berkumpul dirumah. Dalam menciptakan steak ayam ini materi yang dipakai secara garis besarnya ialah daging ayam diambil yang bab dadanya saja, kemudian sebagai materi pelengkapnya menyerupai kentang, buncis, wortel, bawang bombay, bawang putih, saus tomat, lada, garam dan beberapa bumbu lainnya. Dalam mengolah kesemua materi tersebut untuk menjadi steak ayam tidaklah sulit, ibu-ibu dirumah sanggup mengikuti langkah-langkah yang ada dibawah ini.

Bahan :
  1. 300 gram daging ayam (pilih bab dada ayam saja).
  2. 1 buah kentang ukuran besar (potong membentuk cheap tebal).
  3. 5 batang buncis (potong kecil).
  4. 1/2 bab Wortel (iris tipis sesuai selera).
  5. 3 siung bawang putih (cincang kasar).
  6. 1 siung bawang bombay (cincang kasar).
  7. 1 buah jeruk nipis (ambil perasan air jeruknya saja).
  8. Merica bubuk secukupnya.
  9. Garam halus secukupnya.
  10. 2 sdm saus LP.
  11. Gula merah secukupnya.
  12. 200 ml kaldu sapi.
  13. 3 sdm kecap inggris.
  14. 3 sdm saus tomat.
  15. 1 sdm Roux.
  16. Kaldu sapi bubuk secukupnya.
  17. 1 lembar daun bay.
  18. 1 sdt daun Thyme.
  19. Mentega secukupnya.
  20. Minyak goreng secukupnya.
Cara membuatnya :
  • Mula-mula rebus terlebih dahulu cuilan kentang bersama dengan 1/2 sendok teh garam hingga setengah matang kemudian angkat dan sisihkan. Selanjutnya panaskan minyak goreng kemudian goreng kentang setengah matang tadi hingga berwarna coklat keemasan. Angkat dan sisihkan kembali serta beri taburan 1/2 sendok makan garam halus.
  • Langkah berikutnya, panaskan kembali sedikit minyak goreng kemudian tumis cuilan buncis, wortel, 1/3 bab dari bawang putih cincang dan 1/3 bab dari bawang bombay cincang tadi hingga matang kemudian sisihkan.
  • Selanjutnya endapkan dada ayam bersama dengan 1/3 bab bawang putih cincang, 1/3 bab bawang bombay cincang, perasan jeruk nipis, merica, garam, saus LP, dan gula merah selama 30-40 menit hingga semua bumbu meresap.
  • Setelah itu panaskan mentega didalam wajan kemudian masukkan ayam yang telah dibumbui tadi panggang hingga matang kemudian angkat.
  • Kemudian panaskan mentega dan tumis 1/3 bab bawang putih cincang, 1/3 bab bawang bombay cincang, daun thyme, daun bay hingga harum. Selanjutnya masukkan pula roux, gula merah, saus LP, saus tomat, kecap inggris,merica bubuk, garam halus, dan 200 ml kaldu sapi. Aduk-aduk kesemua materi hingga merata dan mengental.
  • Terakhir, tata daging ayam panggang dengan diberi taburan bumbu saus yang telah dibentuk serta sayurannya diatas piring saji. Sajikan selagi hangat bersama dengan nasi putih hangat pula.
Selamat mencoba resep dan cara menciptakan steak ayam enak dan gurih ini. Semoga resep yang kami share padi hari ini sanggup membantu ibu-ibu dirumah menyajikan sajian yang tentunya enak dan istimewa kepada keluarga dirumah. Terima kasih.

RESEP DAN CARA MEMBUAT STEAK AYAM ENAK DAN GURIH

Steak ayam merupakan salah satu jenis kuliner dimana cuilan daging ayam yang menjadi materi utamanya kemudian dipanggang dan diberi bumbu pelengkapnya sehingga menjadikannya kuliner yang lezat. 5 out of 5 based on 20 ratings. 5 user reviews:

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda