Resep Istimewa Semur Ikan Tenggiri Masak Pedas - Resep Bunda

Jumat, 28 Februari 2020

Resep Istimewa Semur Ikan Tenggiri Masak Pedas

Resep Semur Ikan Tenggiri - Bumbu semur yang enak juga sanggup kita terapkan pada masakan berbahan dasar ikan dengan bermacam jenisnya, tak terkecuali ikan tenggiri yang kebetulan pada kali ini menggunakan fillet daging ikan tenggiri. Kuah semur yang pekat dari kecap cantik akan semakin kental dan gurih dengan adonan santan, bahkan semakin istimewa dengan cita rasa pedas cantik yang spesial.

 Bumbu semur yang enak juga sanggup kita terapkan pada masakan berbahan dasar ikan dengan ber Resep Spesial Semur Ikan Tenggiri Masak Pedas

Masakan aneka ikan tentu sudah umum menjadi rekomendasi sajian favorit keluarga sehari-hari alasannya yaitu kandungan nilai gizinya. Cara menciptakan semur ikan tenggiri  yang enak dan lezat, akan sanggup menawarkan perhiasan ilham untuk mengolah masakan ikan. Ikan tenggiri atau filletnya yaitu salah satu jenis ikan yang sanggup kita gunakan, akan tetapi tentunya kita juga sanggup menggunakan aneka jenis ikan lainnya sesuai selera untuk mempraktekkan bumbu semur ini dengan sensasi rasa pedas cantik gurih berempah yang nendang di lidah.

Apabila menggunakan ikan utuh, tips sederhana cara menentukan ikan yang masih segar, selain aromanya yang khas juga sanggup kita lihat dari warna kulit yang masih cemerlang, daging ikan yang lentur jikalau di tekan, serta mata ikan masih terlihat jernih serta menonjol atau cembung. Karena dengan ikan yang masih segar, disamping rasanya yang yummy sehabis dimasak juga kandungan gizinya pun lebih baik.

Sementar itu untuk fillet ikan, selain aroma daging yag segar tidak berbau ammonia, kulit yang bersinar, daging yang elastis, juga sanggup kita perhatikan fillet ikan mempunyai cairan yang jernih atau tidak keruh serta tidak mempunyai bunga es di dalam kemasan.

Bahan serta Bumbu Semur Ikan Tenggiri 
300 gram - fillet ikan tenggiri
2 lembar - daun salam
1 batang - serai diambil dikupas kulit kerasnya, ambil putihnya kemudian geprek
2 cm - jahe digeprek
2 cm - lengkuas digeprek
2 mata - asam jawa
500 ml - santan kental dari 1 butir kelapa
5 sendok makan - kecap manis
2 lembar - dau jeruk

Bumbu yang dihaluskan :
3 butir - bawang merah
1 siung - bawang putih
1 sendok makan - ketumbar
2 cm - kunyit
8 buah - cabai keriting merah
10 buah - cabai rawit merah
2 sendok makan - gula merah yang sudah diserut
6 butir - kemiri
1/2 sendok teh - terasi
1 sendok teh - lada
1/2 sendok makan - garam

Cara Membuat Semur Ikan Tenggiri 
Panaskan sedikit minyak dalam wajan, kemudian tumis bumbu yang dihaluskan sambil aduk-aduk hingga wangi.
Masukkan jahe, lengkuas, daun salam, dan air asam jawa, kemudian aduk kembali hingga bumbu tercampur rata.
Masukkan fillet ikan tenggiri tadi, selanjutnya sambil diaduk-aduk, tuangkan santan, masukkan juga daun jeruk dan kecap manis. Aduk-aduk supaya santan tidak pecah, kemudian masak hingga matang serta kuahnya menyusut dan mengental. Angkat dan siap untuk dihidangkan.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda