Resep Kolak Biji Salak Candil Ubi Ungu. 4 Langkah Eksklusif Jadi - Resep Bunda

Jumat, 28 Februari 2020

Resep Kolak Biji Salak Candil Ubi Ungu. 4 Langkah Eksklusif Jadi

Kolak jadi masakan yang identik disajikan dikala bulan mulia sebagai sajian berbuka,tapi bahwasanya kolak tetap nikmat disajikan pada hari biasa, entah dalam keadaan panas atau dingin. Hidangan berkuah dengan beberapa kombinasi mirip kolang kaling, ubi, pisang, dan beberapa yang lainnya jadi sajian yang enak dan bergizi.

 Kolak jadi masakan yang identik disajikan dikala bulan mulia sebagai sajian berbuka Resep Kolak Biji Salak Candil Ubi Ungu. 4 Langkah Langsung Jadi


Cocok sekali Bunda kalo digunakan buat sajian dikala kumpul keluarga, niscaya banyak yang suka. Nah, kolak sendiri jadi masakan khas Indonesia dari beberapa materi dan direbus dengan santan sama gula aren. Makara rasa kuahnya memang manis. Banyak juga loh jenis kolak, salah satunya ada resep kolak biji salak candil ubi ungu yang khas dan nikmat.

Nah, kalo kolak biji salak candil ubi ungu ini dari segi penampilan udah terlihat anggun soalnya warna ungunya mendominasi, agak unik juga. Kenapa dibilang kolak bij salak candil ubi ungu?, soalnya bentuk ubinya hampir ibarat biji salak. Bunda dapat coba sendiri buat bikin resep kolak biji salak candil ubi ungu di rumah. Bahan dan langkahnya simple kayak bikin kolak biasanya. Kolak biji salak candil ubi ungu ini juga cocok disajikan untuk program hajatan. Di sajikan dengan es supaya lebih cuek akan jauh lebih mantap loh Bunda. Pasti banyak yang suka sebab unik dan rasanya yang nikmat.

Kalo dapat bikin sendiri rasanya akan lebih hemat dan dapat diadaptasi sama selera keluarga dan Bunda. Apalagi yang menjual kolak biji salak candil ubi ungu juga tidak banyak. Bahan sama langkah pembuatannya sederhana dan engga ribet kok Bunda. Berikut ini ada beberapa langkah pembuatannya yang dapat Bunda ikuti di rumah buat bikin resep kolak biji salak candil ubi ungu;

Bahan-bahan
  • 750 gr ubi ungu
  • 200 gr tepung tapioka (aci)
  • 250 gr gula pasir
  • 4 lbr daun pandan
  • 3 gelas air
  • Sejumput garam

Bahan untuk santan:
  • 1 gelas santan (dari 250 gr kelapa parut)
  • 2 lbr daun pandan
  • Sejumput garam
  • 1 sdt muncung maizena

Langkah Pembuatan:
  1. Kukus ubi ungu sampai matang, kemudian haluskan. Tambahkan tepung tapioka dan uleni sampai dapat di bentuk. Ambil sedikit gabungan dan bentuk bulat-bulat kecil.
  2. Didihkan air, tambahkan daun pandan, gula pasir, garam. Setelah mendidih masukan ubi ungu yang sudah dibuat bulat-bulat kecil. Masak sampai terapung dan matang.
  3. Campur semua materi santan, aduk rata kemudian masak sampai mendidih dengan api kecil sambil terus diaduk-aduk supaya tidak pecah santannya.
  4. Sajikan kolak candil dengan santannya.

Saran Penyajian
  1. Setelah jadi, letakkan pada mangkuk.
  2. Kemudian dapat dinikmati dengan es batu.
  3. Kolak biji salak candil ubi ungu sudah dapat dinikmati.

Resep Biji Salak Ubi Ungu Sederhana Spesial Asli Enak. Biasanya bubur biji salak memakai ubi kuning. Hidangan sajian buka puasa hari ini atau sajian takjil hari ini ialah kolak biji salak dari ubi jalar berwarna ungu tampilan dan warnanya lebih menarik dan masakan ini salah satu aneka olahan dari ubi ungu. Biji salak dapat juga dapat dibuat dari ubi putih, ubi merah, bahkan singkong atau dicampur berdasarkan aku ilham menarik menciptakan biji salak warna warni alami sederhana dan praktis.

Biji salak ini istimewa dapat di masak kolak ataupun bubur Istimewa jadi dapat dikombinasikan dengan materi lain contohnya dengan materi nangka cempedak, pisang kepok/raja, singkong, bubur sumsum, mutiara merah/hijau, kolang-kaling, candil, dll

Nah, itu ia Bunda materi sama langkah bikin resep kolak biji salak candil ubi ungu sendiri di rumah, engga susah kan? Karena jarang yang jual, jadi Bunda juga dapat bikin perjuangan masakan kolak biji salak candil ubi ungu. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba Bunda, terimakasih.

Sumber

Catatan: Bunda sering tidak melihat resep kita? coba komentar, like atau share biar facebook mencatat ibu ialah anggota dari halaman kami. jadi postingan resep kita akan muncul secara otomatis di beranda bunda. selamat mencoba yaa

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda