Cara Menciptakan Jenang Gempol Jogja - Resep Bunda

Kamis, 27 Februari 2020

Cara Menciptakan Jenang Gempol Jogja

Resep Jenang Gempol Pleret Khas Jogja, Yogyakarta Sederhana Spesial Asli Enak. Makanan Tradisional Khas Yogyakarta memang sangat banyak dan enak misalnya ialah jenang gempol ini, jenang ini terbuat dari tepung beras, dengan rasa jenangnya yang manis  ini dikarenakan menggunakan gula merah, nah kalau gempolnya sendiri itu terbuat dari tepung beras yang dibuat bulat-bulat ibarat bentuk bakso atau sebesar kelereng.

Jenang kalau dalam bahasa jawa ialah bubur, jadi kalau Jenang Gempol ini berarti bubur gempol yah kira-kira begitulah, dan katanya bubur gempol yang paling enak ialah ada di jogja, dan semoga saja ada didaerah lainnya mirip Bandung, Jawa Barat, Denpasar, Bali dan kota-kota lainnya yang ada di Indonesia ini.

Dan kalau Anda ialah para pecinta jenang gempol niscaya tidak aneh lagi dong dengan jenang buatan Bu Gesti, Mba Diah Didi, Jenang Gempol Bantul, Jenang Gempol Magelang, dan Pasar Pathuk, yah itu ialah tempat surganya jenang gempol, dan perlu sekali untuk di coba.

 Makanan Tradisional Khas Yogyakarta memang sangat banyak dan enak misalnya ialah jenan CARA MEMBUAT JENANG GEMPOL JOGJA
Gambar Jenang Gempol Pleret Khas Jogja
Untuk rasanya jenang gempol ini sudah tidak perlu diragukan lagi, alasannya ialah rasanya yang enak dan lezat, kemudian sayang untuk dilewatkan, makanan ini memang makanan jadul dan sudah mulai jarang yang menjualnya, tapi dengan semangat kita ayo kita buat jenang ini supaya anak cucu kita sanggup terus menikmatinya.

Baiklah supaya tidak penasaran, berikut diam-diam kumpulan aneka kreasi dan variasi olahan Resepi Jenang Gempol Pleret Khas Jogja, Yogyakarta Sederhana Spesial Asli Enak lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) yang simple gampang dan mudah anti gagal dengan step by step untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan perjuangan bisnis camilan bagus tradisional jenang gempol.

RESEP JENANG GEMPOL


Bahan Gempol:
  • tepung beras 500 gram 
  • tepung kanji 5 sdm 
  • Santan encer secukupnya
  • garam 2 sdt 
  • 1 liter santan dari 1 buah kelapa
  • daun pandan 2 lbr 

Cara Membuat Jenang Gempol Yang Enak

  1. Adoni semua tepung yang sudah kita kumpulkan mirip tepung beras dan tepung kanji, kemudian campur dengan 1 sendok teh garam dengan santan encer secukupnya, sesudah itu bentuk bulat-bulat sebesar kelerang.
  2. Setelah itu masak air dan didihkan, kemudian masukkan gempol beras dan tunggu prosesnya hingga matang, dan untuk menandainya kalau matang atau tidak kita sanggup lihat gempolnya sudah mengapung atau tidak, kalau sudah mengapung berarti itu sudah matang, sesudah itu angkat dan tiriskan.
  3. Kemudian rebus santan dan masukkan daun pandan dan masukkan 1 sdt garam, gunakan api kecil saja, dan pastikan campuran santannya tidak pecah.
  4. Setelah itu masukkan gempol beras hingga mendidih sekali lagi.
  5. Siap disajikan.

Baiklah demikian Resep Jenang Gempol Pleret Khas Jogja, Yogyakarta Sederhana Spesial Asli Enak yang sanggup kami sajikan untuk Anda, semoga bermanfaat buat kita semua ya, terimakasih.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda