Cari Tau Yuk Penyebabnya Mengapa Cake Buatanmu Selalu Bantet - Resep Bunda

Jumat, 28 Februari 2020

Cari Tau Yuk Penyebabnya Mengapa Cake Buatanmu Selalu Bantet

Kesuksesan ketika memanggang cake tidak hanya tergantung pada kelezatan dan cita rasanya, tapi juga mengembang atau tidak-nya cake tersebut. Sayangnya, problem cake yang bantat memang sering terjadi ketika menciptakan cake. Agar hal ini tak terjadi lagi ketika Anda menciptakan cake, simak dulu beberapa hal berikut yang jadi penyebab cake yang tidak mengembang dengan cantik:

 Kesuksesan ketika memanggang cake tidak hanya tergantung pada kelezatan dan cita rasanya Cari Tau Yuk Penyebabnya Mengapa Cake Buatanmu Selalu Bantet

1. Oven kurang panas

Saat Anda memasukkan campuran ke dalam oven, pastikan panggangan sudah cukup panas. Pastikan pula suhu panggangan yang Anda gunakan telah sesuai dengan suhu yang tertera pada resep sesudah itu gres masukkan adonan. Selain itu, jangan terlalu sering membuka dan menutup panggangan selama proses pemanggangan, sehingga suhu dalam panggangan tetap stabil.

2. Cetakan makanan ringan manis terlalu besar

Ikuti ukuran cetakan makanan ringan manis sesuai dengan yang tertera pada resep. Kalau Anda memakai cetakan makanan ringan manis dengan ukuran yang berbeda, Anda harus menyesuaikan suhu oven, waktu pemanggangan makanan ringan manis atau jumlah materi yang dipakai dalam resep biar cake mengembang sempurna.

3. Bahan terlalu dingin

Mentega dan telur yang masih hambar sebab gres dikeluarkan dari kulkas akan lebih sulit dikocok dengan baik. Karena itu, tunggu hingga bahan-bahan yang akan Anda gunakan telah berada dalam suhu ruangan sebelum diolah lebih lanjut.

4. Salah mengocok adonan

Mengocok mentega dan gula yaitu dasar dari hampir semua resep cake. Gunakanlah mentega yang telah berada pada suhu ruangan biar lebih gampang dikocok. Setelah itu, masukkan gula sedikit demi sedikit, dan kocok hingga gula larut dan campuran menjadi lembut dan halus.

5. Salah penggunaan materi pengembang

Bahan pengembang yang sering dipakai ketika menciptakan cake yaitu baking powder, baking soda, dan self-raising flour. Kalau Anda memakai self-raising flour, pastikan Anda mengikuti jumlah sesuai dengan yang tertera pada resep. Sedangkan jikalau Anda memakai baking powder atau baking soda, pastikan Anda memakai baking powder atau baking soda yang masih segar. Coba masukkan sedikit baking powder dan baking soda dalam air panas. Kalau terjadi reaksi gelembung udara, berarti baking powder masih dapat digunakan. Sedangkan jikalau tidak ada reaksi sama sekali, berarti baking powder yang Anda gunakan sudah tidak berfungsi lagi.

Semoga bermanfaat.
Jangan Lupa share dan bagikan kepada sobat temanmu ya

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda