Resep Cara Menciptakan Empek Empek Palembang Orisinil Yang Enak - Resep Bunda

Jumat, 28 Februari 2020

Resep Cara Menciptakan Empek Empek Palembang Orisinil Yang Enak

Resep Cara Membuat Empek Empek Palembang Asli Yang Enak | Pempek atau yang biasa dikenal dengan empek-empek ialah makanan khas Kota Pelembang - Ibu Kota Provinsi Sumatera Selatan. Makanan Khas Palembang ini ialah salah satu makanan yang paling disukai oleh kebanyakan orang di Indonesia, baik itu anak-anak, remaja, hingga orang dewasa.

Untuk menciptakan Pempek yang yummy itu sangatlah mudah, sebab materi dari empek empek ini ialah bahan-bahan yang ada disekitar kita, seperti  ikan, tepung, garam, udang dan lain-lain, sehingga cara menciptakan empek empek yang yummy sanggup kita buat dirumah.

Sebelum kita membahas mengenai cara menciptakan empek empek Palembang, saya akan bercerita sedikit asal muasal makanan pempek ini  atau sejarah dibuatnya makanan empek empek Palembang ini, penasaran?? Baiklah berikut ialah ulasanya:

Resep Cara Membuat Empek Empek Palembang Asli Yang Enak RESEP CARA MEMBUAT EMPEK EMPEK PALEMBANG ASLI YANG ENAK
Copyright: pempeklince.com

Sejarah Empek Empek Palembang

Menurut sejarah, pempek telah ada di Kota Pelembang semenjak masuknya para imigran atau perantau dari Negara Tiongkok, mereka pertama kali tiba ke Kota Palembang pada waktu era ke – 16, dikala itu pemerintahan di kuasai oleh Sultan Mahmud Badaruddin II, yang mana Beliau ialah salah satu pemimpin yang berkuasa di kesultanan Palembang-Darussalam.

Menurut kisah rakyat, dulu sekitar tahun 1617 ada seorang apek (yaitu sebutan dari paman atau lelaki bau tanah Tiongkok) yang tinggal di kawasan Perakitan yaitu suatu tempat di tepian Sungai Musi. Beliau merasa prihatin dengan melimpahnya jumlah tangkapan ikan yang berhasil ditangkap oleh nelayan setempat dan mereka belum sanggup memanfaatkan secara optimal hasil dari tangkapan ikan tersebut.

Para penduduk Kota Pelembang hanya memanfaatkan daging ikan secara umum saja, menyerupai di jual, di goreng, dan dipindang, dan yang lebih memprihatinkan ialah ketika ikan yang tidak laris dijual akan membusuk dan risikonya dibuang.

Hal-hal inilah yang menciptakan Apek mencoba untuk mencari jalan keluar semoga para nelayan sanggup memanfaatkan daging ikan tersebut secara optimal.

Ia mencoba untuk mencampur daging ikan giling dengan tepung tapioka, sehabis dicampur dan dibuat sedemikian rupa, kemudian ia mencoba untuk menjajakan hasil olahan ikan tadi ke rumah-rumah dengan memakai sepeda, ia berkeliling kota dan terus mengatakan makanan olahan daging ikan dan tepung tapioka tersebut, dan pada risikonya banyak orang yang suka,  dan mengasihi makanan tersebut.

Dan yang lebih menarik ialah penamaan nama makanan pempek tersebut, nama itu berasal dari panggilan penjual makanan daging ikan+tepung tapioka tersebut, mereka sering memangilnya dengan sebutan “pek.. apek” dan sangking terkenalnya pangilan tersebut maka tak ayal kita menyebutnya dengan makanan pempek atau  empek-empek atau sanggup juga pek-pek. Hmm menarik sekali bukan.


Jenis – Jenis Pempek

Ada aneka macam jenis Pempek yang berterbaran diseantero makanan di Indonesia itu, dan berikut ialah jenis-jenisnya.

  • Pempek Kapal Selam
Karena makanan empek-empek ini terus berkembang, maka untuk dikala ini aneka macam sekali jenis-jenisnya, dan yang paling terkenal dari semua jenis empek-empek Palembang ialah “pempek kapal selam”, yaitu jenis pempek yang diisi dengan isian telur ayam dan digoreng dengan memakai minyak panas.

  • Pempek Lenjer / Pempek Bulat / Pempek Ada’an
Ada juga jenis pempek lainnya yang tak kalah yummy yaitu “Pempek Lenjer” atau “Pempek Bulat” pempek ini sering kita kenal dengan sebutan “Pempek Ada’an”.

  • Pempek Kulit Ikan
Lalu ada lagi pempek yang gurih, crispy dan kresh namanya ialah “Pempek Kulit Ikan”, pempek jenis ini paling sering disajikan kepada anak-anak, sebab biasanya mereka suka dengan makanan garing, crispy dan kresh.

  • Pempek Pistel
Yaitu pempek yang berisi irisan pepaya muda yang telah direbus kemudian ditumis dan dibumbui, pempek ini mempunyai cita rasa yang paling mengoda dari pempek lainnya.

  • Pempek Telur Kecil
Nah dari namanya saja kita sudah tau kan pempek ini memakai apa, heheh bener pempek ini memakai telur kecil atau sanggup juga Anda memakai telur puyuh sebagai isian makanan pempek Anda.

Dari satu adonan pempek yang telah dibuat, ternyata ada banyak makanan yang sanggup kita hasilkan, ini tergantung dari baik dan komposisi proses pengolahan final atau teladan penyajian, diantaranya ialah laksan, tekwan, model, celimpungan dan lenggang. (referensi: pempek)

Hmm banyak banget kan hasil olahan ikan dan tepung tapioka hasil karya Apek itu, sepakat akan saya bagikan kepada Anda cara menciptakan pempek orisinil Palembang yang sanggup Anda coba dirumah, penasaran?

Berikut belakang layar kumpulan aneka kreasi dan variasi olahan Resep Cara Membuat Empek Empek Palembang Asli Yang Enak lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) yang simple gampang dan mudah step by step anti gagal untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan perjuangan pempek Palembang.


Cara Membuat Empek Empek


Bahan/bumbu pempek orisinil Palembang:
  • ikan tenggiri 300 gram, haluskan dengan memakai mesin penghalus
  • tepung terigu 125 gram
  • garam 2 sdt atau sanggup juga secukupnya
  • tepung tapioka/sagu 200 gram
  • penyedap rasa 1/4 sendok teh
  • gula pasir 1 sendok teh
  • bawang putih 1 siung ukuran sedang, haluskan
  • air higienis 250 ml
  • telur ayam 2 butir
  • telur untuk isian

Bahan cuka pempek:
  • gula merah/aren 250 gr
  • air asam jawa 50 gr
  • mentimun yang masih segar, kupas kulitnya dan potong kecil-kecil menyerupai acar
  • cabai rawit (sesuai selera), haluskan
  • air higienis 1 liter
  • bawang putih 200 gr ukuran sedang, iris kecil-kecil kemudian cincang halus
  • ebi kering 2 sendok makan, dihaluskan terlebih dahulu

Cara menciptakan cuka empek empek yang enak

  1. masak air terlebih dahulu hingga setengah mendidih dengan air sedang
  2. masukan asam jawa kedalamnya bersamaan dengan gula merah, rebus semuanya hingga semuanya mendidih dengan baik
  3. setelah itu tambahkan juga bawang putih beserta cabai rawit (sesuai selera pedasnya)dan garam secukupnya, aduk pelan-pelan hingga rata
  4. setelah dirasa siap, cicipi sedikit kepedasan dan asinya, kalau sudah pas angkat dan tuang kedalam belahan mentimun yang sudah dipotong-potong tadi


Cara menciptakan empek empek Palembang orisinil dan kuahnya:

  1. Siapkan semua materi dengan baik dan lengkap
  2. Masak air terlebih dahulu hingga mendidih
  3. lalu masukkan juga penyedap rasa kemudian garam secukupnya dan bawang putih, gula pasir, tepung terigu
  4. aduk semua adonan empek empek Palembang dengan pelan-pelan hingga semuanya tercampur dengan baik
  5. setelah itu pastikan adonannya terasa agak mengental, kemudian angkat dan diginkan.
  6. lalu sehabis adonannya dingin, tinggal kita campurkan dengan beberapa adonan lainnya menyerupai ikan tenggiri dan juga telur ayam,
  7. olesi semuanya dengan adonan hingga terasa lembut.
  8. setelah itu beri tepung sagu dan aduk kembali hingga rata, olesi juga secara pelan-pelan
  9. jika sudah terasa lengkat dan susah untuk dibentuk, maka kasih atau tambahkan tepung sagu lagi hingga adonan sanggup di bentuk dengan baik
  10. Lalu rebus kembail air bersih, dan masukkan adonan empeknya
  11. cara memasukkan ialah dengan membuatnya lingkaran pipih dan isi dengan telur ayam
  12. setelah itu kalau ada waktu bentuk pempek kita menyerupai pempek kapal selam
  13. rebus semuanya hingga mendidih dan mengapung, tunggu hingga matang, angkat dan tiriskan
  14. goreng adonan tersebut dikala akan menyajikan, dan siap disantap.

Tips Membuat Empek Empek Palembang Asli Yang Enak:

  • Penggunaan gula aren ketika mengolah pempek akan menghipnotis rasa dan warna pekat dari kuah cuko empek empek tersebut, jadi gunakan dengan baik ya, semoga rasa pempek sesuai dengan apa yang kita inginkan.
  • Menggunakan materi gula batok aren yang warnanya pekat akan menciptakan cuko pempek menjadi hitam pekat
  • Ketika ingin mengatur tingkat kekentalan kuah cuko pempek, kita harus pandai-pandai dalam memakai jumlah dosis air yang digunakan, semoga waktu disajikan cuko tidak terlalu kentar atau encer
  • Gunakan cabai rawit hijau semoga tidak menghipnotis warna cuko, sedangkan kalau kita gunakan cabai rawit merah itu akan menciptakan cuko pempek menjadi agak kemerahan

Oh ya Umi, ada juga lho resep empek-empek lainnya, dan yang niscaya resep masakan empek-empek ini lain dari pada yang lain, kalau Anda sudah nyaman dengan empek empek Candy, tidak persoalan sih, kita sanggup membuatnya lebih yummy loh, ingin tau dengan resep pempek lainnya, yuk simak resep berikut ini ya.

Resep Empek Empek Sutra Paling Lembut


Resep pempek sutra ini ialah pempek yang paling lembut dan paling sederhana dalam segi materi dan bumbu pembuatnya, nah semoga tidak ingin tau dengan resepnya berikut ialah ulasannya untuk Anda, ikuti disini ya: Cara Membuat Empek Empek Sutra


Resep Empek Empek Dos Yang Enak

Resep Cara Membuat Empek Empek Palembang Asli Yang Enak RESEP CARA MEMBUAT EMPEK EMPEK PALEMBANG ASLI YANG ENAK

Nah resep pempek dos ini ialah resep yang populer, menciptakan dengan cara yang sederhana dan sanggup eksklusif Anda coba dirumah, ingin tau dengan resepnya, berikut ialah ulasannya: Cara menciptakan empek empek dos


Resep Empek Empek Ikan Tongkol Spesial


Menikmati masakan pempek dengan adonan ikan tongkol ialah salah satu cara terunik yang pernah ada, kalau Anda alergi dengan masakan laut, maka coba deh dengan ikan tongkol ini, rasanya juga sangat yummy dan gurih, ingin tau sanggup cek disini ya: Cara Membuat Empek Empek Ikan Tongkol


Resep Empek Empek Udang Yang Gurih


Ini ialah resep pempek yang gurih, sebagaimana kita ketahui bersama, rasa orisinil dari udang itu sendiri sudahlah gurih, nah kalau kita campur untuk buat pempek bagaimana ya, ingin tau simak yuk disini: Cara menciptakan empek empek udang


Resep Empek Empek Putih Telur


Membuat empek empek khas Palembang memang sanggup dengan memakai materi lain, menyerupai ikan, kemudian udang dan telur, nah kalau kita buatnya dengan putih telur menyerupai apa ya, baik deh simak ulasan kami disini ya: Cara menciptakan empek empek putih telur


Resep Empek Empek Tanpa Ikan

Resep Cara Membuat Empek Empek Palembang Asli Yang Enak RESEP CARA MEMBUAT EMPEK EMPEK PALEMBANG ASLI YANG ENAK
Copyright: vemale.com
Nah resep Palembang tanpa ikan ini ialah resep pempek yang paling terkenal ketika harga ikan melejit, Anda tetap sanggup menikmati enaknya rasa orisinil empek - empek yang yummy walaupun tanpa ikan, lebih jelasnya silahkan simak resep berikut ini ya: Cara Membuat Empek Empek Tanpa Daging Ikan

Resep Empek Empek Ny. Liem

Resep Cara Membuat Empek Empek Palembang Asli Yang Enak RESEP CARA MEMBUAT EMPEK EMPEK PALEMBANG ASLI YANG ENAK
Copyright: doyanresep.com
Resep yang satu ini memang sangatlah menarik, kita sanggup mengolahnya menjadi bentuk apapun dan isian apa pun, pada resep ini, kita akan berguru jadwal-jadwal untuk mengatakan uleni pada pempek ini, sepakat untuk lebih jelasnya sanggup disimak pada ulasan ini: Cara Membuat Pempek Asli Palembang Ny. Liem



Resep empek empek ikan tenggiri

Resep Cara Membuat Empek Empek Palembang Asli Yang Enak RESEP CARA MEMBUAT EMPEK EMPEK PALEMBANG ASLI YANG ENAK
Copyright: kelambit.com
Pempek sendiri rasanya saja sudah sangat enak, kalau kita campur dengan daging ikan tenggiri, hmm niscaya dobel banget enaknya, sudah yummy menyehatkan juga lagi, tunggu apa lagi nih, yuk simak ulasan kami berikut ini ya:  Cara Membuat Empek Empek Ikan Tenggiri


Resep Empek Empek Kapal Selam

Copyright: Tribunnews.com
Nah ini ialah salah satu aneka resep masakan olahan pempek orisinil Palembang yang rasanya sudah tidak perlu lagi dipertanyakan, resep pempek kapal selam ini sanggup Anda santap bersama keluarga dan rekan terbaik Anda, untuk resepnya silahkan simak ulasan kami berikut ini ya: Cara Membuat Pempek Kapal Selam


Resep Pempek Kulit

Resep Cara Membuat Empek Empek Palembang Asli Yang Enak RESEP CARA MEMBUAT EMPEK EMPEK PALEMBANG ASLI YANG ENAK
Copyright: dapurzahra.com
Makanan dengan model crispy biasanya paling disukai oleh anak-anak, masuk akal mereka suka sebab ada sensasi kresh ketika memakannya, nah kali ini akan kami sajikan resep pempek yang garing, kresh dan krispi, untuk selengkapnya silahkan cek disini ya: Cara Membuat Pempek Kulit Crispy


Resep Empek Empek Lenjer

Resep Cara Membuat Empek Empek Palembang Asli Yang Enak RESEP CARA MEMBUAT EMPEK EMPEK PALEMBANG ASLI YANG ENAK
Copyright: resepharian.com
Jika ingin makan pempek Palembang dengan memakai mie maka jawabannya ialah pempek lenjer lah jawabannya, makanan ini terbuat dari bumbu dan materi yang sederhana dengan adonan saos cuka yang sedap, menciptakan makanan empek empek lenjer ini wajib Anda coba, ingin tau yuk simak ulasan kami disini : Cara Membuat Pempek Lenjer


Resep Empek Empek Adaan Palembang

Resep Cara Membuat Empek Empek Palembang Asli Yang Enak RESEP CARA MEMBUAT EMPEK EMPEK PALEMBANG ASLI YANG ENAK
Copyright: masakandapurku.com
Salah satu makanan favorit saya kalau pas liburan ke kota Palembang, yah pempek Adaan ini, makanan ini wajib Anda coba, dengan mencampurkan saus yang enak, maka pengecap Anda akan bergoyang, dan ketagihan, ingin tau lihat resepnya disini ya: Cara Membuat Empek Empek Palembang Adaan


Resep Empek Empek Palembang NCC

Resep Cara Membuat Empek Empek Palembang Asli Yang Enak RESEP CARA MEMBUAT EMPEK EMPEK PALEMBANG ASLI YANG ENAK
Copyright: cookpad.com - yetty patna putri
Satu lagi resep warisan nusantara yaitu resep pempek Palembang Ala NCC, resep yang dari NCC ialah resep yang sangat gampang dan simpel, gampang untuk diolah dan diikuti, sepakat semoga tidak penasaran, silahkan ikuti ulasan kami berikut ini ya: Cara Membuat Pempek Palembang NCC


Resep Empek Empek Palembang Ala Pak Raden

Copyright: tipscaramembuat.blogspot.com
Nah resep pempek ala Pak Raden ini sangat enak, terperinci dan gampang sekali diikuti, ada banyak materi yang gampang kita olah, dan dengan cuko yang baik, kita sanggup menikmati rasa orisinil dari pempek Palembang ini, ingin tau simak ulasan kami disini ya:  Cara Membuat Pempek Palembang Ala Pak Raden


Bagaimana Umi sangat gampang sekali bukan, yah memang sih resep kue saya ini tidak sanggup mengantikan rasa aslinya, sebab cita rasa orisinil empek-empek Palembang ada di kota itu, jadi kita mau tidak mau harus berlibur kesana ya, dijamin tidak nyesel deh, percaya sama saya : ).

Demikian Resep Cara Membuat Empek Empek Palembang Asli Yang Enak yang sanggup saya sampaikan, semoga artikel ini sanggup bermanfaat buat kita semua, dan sanggup menambah wawasan akan kayanya masakan Indonesia ini, hingga ketemu di artikel lainnya ya, terimakasih.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda