Resep Dan Cara Menciptakan Docang Gurih Dan Yummy Khas Cirebon - Resep Bunda

Jumat, 28 Februari 2020

Resep Dan Cara Menciptakan Docang Gurih Dan Yummy Khas Cirebon


Docang merupakan salah satu panganan khas kawasan Cirebon, dimana docang ini kombinasi antara bahan-bahan menyerupai lontong, tauge, daun singkong, tempe gembos, emping atau kerupuk, serta dipadukan dengan kelapa muda parut. Docang ini mempunyai rasa yang gurih serta sangat enak bila dihidangkan dalam keadaan hangat. Panganan rakyat ini sendiri juga sangat terjangkau harganya akan tetapi semakin zaman menjadi modern, banyak juga makanan-makanan kreasi yang gres sehingga panganan rakyat ini hampir terlupakan.
Dalam artikel kali ini akan dibahas perihal apa saja resep dan bagaimana cara menciptakan panganan rakyat yang gurih dan enak ini.

Bahan :

  1. 2 buah lontong (potong kecil sesuai selera).
  2. 1 bungkus oncom.
  3. 100 gram kelapa muda parut.
  4. 100 gram tauge (siangi kemudian rendam dalam air hangat).
  5. 200 gram daun singkong (cuci higienis kemudian rendam dalam air hangat).
  6. 2 lbr daun salam.
  7. 1 batang serai (geprek dan memarkan).
  8. 1 ruas lengkuas ukuran 2 cm (geprek dan memarkan).
  9. gula pasir secukupnya.
  10. garam secukupnya.
  11. bumbu penyedap rasa secukupnya.
  12. minyak secukupnya tuk menumis
  13. 1 liter air galon.
Bahan yang dihaluskan :
  1. 4 buah cabe merah keriting.
  2. 4 buah rawit.
  3. 7 siung bawang merah.
  4. 4 siung bawang putih.
  5. 1/2 sdm terasi bakar.
Cara membuatnya :
  • mula-mula untuk menciptakan kuah docang, ulek berangasan bumbu yg dihaluskan bersama dengan oncom kemudian aduk sampai rata. kemudian tumis oncom yang telah diulek bersama dengan bumbu halus sampai kedaluwarsa serta matang.
  • Selanjutnya, tuangkan air galon kedalam tumisan tadi kemudian masukkan daun salam, serai serta lengkuas. Tambahkan pula gula pasir, garam, serta penyedapa rasa kemudian masak sampai mendidih kemudian tiriskan.
  • Terakhir, sajikan diatas piring saji serpihan lontong bersama dengan tauge, daun singkong parutan kelapa muda kemudian tuangkan kuah docang tadi serta kerupuknya.
Selamat mencoba resep dan cara menciptakan docang gurih dan enak khas Cirebon ini, biar sanggup bermanfaat bagi ibu-ibu dirumah dalam menciptakan serta mengolahnya. Terima kasih.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda