Resep Dan Cara Menciptakan Gurame Asam Anggun Enak Dan Lezat - Resep Bunda

Jumat, 28 Februari 2020

Resep Dan Cara Menciptakan Gurame Asam Anggun Enak Dan Lezat


Gurame Asam Manis - Assalamualaikum wr wb, selamat pagi kepada ibu-ibu dirumah serta para pembaca yang senantiasa selalu membuka dan membaca blog mengenai resep masakan ini. Semoga dihari yang cerah ini kita masih terus dan tetap diberikan oleh Allah SWT nikmat sehat lahir dan bathin semoga kita sanggup memasak sajian yang enak dan enak untuk sanggup dihidangkan kepada kerabat serta keluarga dirumah. Hari ini penulis ingin coba membahas suatu masakan lauk pauk yang resepnya sudah dikreasikan sehingga menjadi masakan sedap dimana resep kita kali ini yaitu gurame asam manis. Gurame asam bagus adalah jenis masakan yang dihidangkan sebagai lauk yang diolah dari ikan gurame segar yang dimasak dengan materi dan bumbu-bumbu yang nantinya akan penulis beri tahu apa saja yang dipakai. Dalam proses pengolahannya pun penulis sanggup katakan simple dan sederhana untuk diikuti, adapun jikalau pembaca ingin mengetahui materi apa saja yang digunakan serta proses pembuatannya secara lengkap antara lain sebagai berikut.
Bahan :
  1. 2 ekor ikan gurame segar ukuran sedang (siangi dan basuh bersih).
  2. Tepung maizena secukupnya.
  3. 4 siung bawang merah (iris-iris tipis).
  4. 4 aiung bawang putih (iris-iris tipis).
  5. 4 buah cabe merah (iris-iris tipis).
  6. 3 buah tomat.
  7. 1 batang serai (memarkan).
  8. 1 ruas lengkuas ukuran 3 cm.
  9. 1 ruas jahe ukuran 3 cm (memarkan).
  10. 1 lembar daun jeruk purut (sobek semoga aromanya keluar).
  11. 2 lembar daun salam.
  12. air perasan jeruk nipis.
  13. Garam bernafsu secukupnya.
  14. Gula pasir secukupnya.
  15. Kecap Inggris secukupnya.
  16. Air matang secukupnya.
Cara membuatnya :
  • Mula-mula lumuri ikan gurame dengan air perasan jeruk nipis serta beri garam secukupnya kemudian endapkan kira-kira selama 10 menit di dalam lemari es.
  • Sambil menunggu ikan diendapkan, rebus tomat dengan sedikit air secukupnya sampai tomat merekah. Setelah itu angkat dan buang kulit tomat haluskan dengan memakai sendok sampai menjadi menyerupai saus.
  • Jika sudah diendapkan, keluarkan gurame tadi dari dalam kulkas kemudian goreng sampai matang.
  • Cairkan tepung maizena dengan memakai air matang secukupnya.
  • Selanjutnya tumis bumbu menyerupai bawang merah dan putih, cabe sampai harum kemudian masukkan tomat halus tadi kedalam tumisan bersama dengan gurame goreng dan air secukupnya.
  • Tambahkan pula serai, lengkuas, jahe daun jeruk, daun salam dan larutan tepung maizena kemudian aduk higga rata.
  • Jangan lupa tambahkan pula kecap inggris, garam dan gula sambil dicicip apakah rasa bumbunya sudah sesuai dengan selera. Masak sampai bumbu mengental dan matang.
  • Terakhir, sajikan gurame asam bagus diatas piring saji.
Selamat mencoba resep dan cara menciptakan gurame asam bagus enak dan lezat yang penulis bahas kali ini. Semoga resep kali ini bermanfaat untuk ibu-ibu serta para pembaca dirumah semoga sanggup menyajikan masakan yang enak untuk keluarga dirumah. Terima kasih.

RESEP DAN CARA MEMBUAT GURAME ASAM MANIS ENAK DAN LEZAT

Gurame asam bagus yaitu jenis masakan yang dihidangkan sebagai lauk yang diolah dari ikan gurame segar yang dimasak dengan materi dan bumbu-bumbu yang nantinya akan penulis beri tahu apa saja yang dipakai. 5 out of 5 based on 20 ratings. 5 user reviews:

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda