Resep Dan Cara Menciptakan Nasi Megono Enak Dan Enak Khas Pekalongan - Resep Bunda

Jumat, 28 Februari 2020

Resep Dan Cara Menciptakan Nasi Megono Enak Dan Enak Khas Pekalongan


Nasi merupakan makanan pokok khususnya orang asia. Banyak aneka olahan dari materi dasar berupa nasi, mulai dari nasi goreng, nasi liwet dan banyak lagi olahan-olahan nasi yang ada di Indonesia ini. Dalam artikel ini akan dibahas perihal Nasi megono yang mempunyai cita rasa yang khas.
Nasi megono merupakan panganan khas dari Jawa Tengah. Nasi megono ini sangat gampang dijumpai di tempat sekitar Pekalongan serta di warung sepanjang jalan kota pekalongan, sampai ke tempat Pemalang. Nasi Megono memiliki materi dasar berupa nasi yang diberi irisan nangka muda dan diaduk dengan kelapa parut serta ditambah dengan bumbu-bumbu lainnya. panganan ini juga biasanya dihidangkan bersama dengan tempe mendoan.
Adapun resep serta cara mengolah panganan enak ini sebagai berikut.

Bahan-bahan :

  1. 1 litter beras.
  2. Opor ayam (secukupnya).
  3. sayur urap.
Cara membuatnya :
  • Mula-mula basuh beras sampai bersih, kemudian kukus beras sampai setengah matang kemudian matikan apinya. Setelah itu, diamkan sampai air meresap.
  • Selanjutnya masak kembali beras setengah matang tadi sampai matang.
  • Setelah nasi matang, kukus kembali menjadi suatu susunan antara lain :
  1. Masukkan kembali sedikit nasi kedalam kukusan, kemudian tambahkan sedikit sayur urap dan sedikit opor ayam.
  2. Kemudian timpa lagi dengan nasi dan suplemen pula sedikit sayur urap dan apor ayam diatasnya.
  3. Lakukan lapisan-lapisan tersebut sampai materi habis terlapisi. Kukus memakai api kecil kemudian sehabis dirasa cukup matang angkat dan tiriskan.
  • Terakhir sajikan nasi megono diatas piring saji dan jangan lupajuga diberi suplemen lauk pauk ibarat tempe mendoan, ikan teri goreng, serta kerupuk atau rempeyek.
Selamat mencoba resep dan cara menciptakan nasi megono enak dan enak khas Pekalongan ini, Semoga sanggup membantu ibu-ibu dirumah dalam proses membuatnya. Terima kasih.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda