Resep Dan Cara Menciptakan Perkedel Kentang Yummy Dan Gurih - Resep Bunda

Jumat, 28 Februari 2020

Resep Dan Cara Menciptakan Perkedel Kentang Yummy Dan Gurih


Perkedel merupakan salah satu jenis kuliner yang dibentuk memakai materi dasar berupa kentang yang direbus dan ditumbuk halus, kemudian diaduk bersama dengan daging cincang, penggalan daun seledri serta daun bawang yang ditambakan pula dengan bumbu lainnya. Perkedel ini juga ada yang memakai materi dasar menyerupai ketela rambat, singkong ataupun tahu yang telah ditumbuk halus sebagai pengganti kentang.
Kata perkedel sendiri merupakan serapan kata dari Bahasa Belanda yaitu Frikadel, alasannya yakni seni memasak di Indonesia mempunyai imbas dari kuliner Belanda. Dalam bentuk orisinil perkedel yang ada di Eropa, frikadel terbuat dari materi dasar berupa daging yang dicincang hingga halus yang kemudian digoreng, sedangkan perkedel versi Indonesia dibentuk dengan memakai materi dasar kentang yang juga ditambahi dengan daging cincang.
Adapun cara menciptakan perkedel kentang ini antara lain :

Bahan-bahan :

  1. 750 gram kentang (rebus kemudian bersihkan kulitnya dan tumbuk halus).
  2. 250 gram daging sapi cincang (atau dapat diganti dengan kornet).
  3. 2 butir kuning telur.
  4. 2 butir putih telur.
  5. 4 batang daun bawang (iris-iris tipis).
  6. 4 batang daun seledri (iris-iris tipis).
  7. ½ sd pala bubuk.
  8. ½ sdm merica bubuk.
  9. ½ sdt garam halus.
  10. Penyedap rasa secukupnya.
  11. Minyak goreng secukupnya.
Cara Membuatnya :
  • Mula-mula campur kentang yang telah dihaluskan bersama dengan daging sapi cincang, irisan daun bawang, daun seledri, pala, merica, garam halus, serta penyedap rasa. Kemudian aduk semua materi hingga merata.
  • Setelah itu, tambahkan 2 butir kuning telur kedalam campuran kentang tadi kemudian aduk rata kembali. Selanjutnya bentuk campuran menjadi bulat-bulat kecil sesuai selera.
  • Sebelum campuran berbentuk lingkaran tadi digoreng, celupkan terlebih dahulu kedalam putih telur hingga tercampur rata.
  • Setelah campuran dicelupkan putih telur, goreng campuran hingga matang.
  • Terakhir, angkat dan sajikan perkedel diatas piring saji.
Sajikan perkedel kentang sebagai embel-embel bersama dengan nasi putih beserta lauk-pauk lainnya. Selamat mencoba resep dan cara menciptakan perkedel kentang yummy dan gurih ini.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda