Resep Dan Cara Menciptakan Geplak Anggun Dan Gurih Khas Bantul - Resep Bunda

Jumat, 28 Februari 2020

Resep Dan Cara Menciptakan Geplak Anggun Dan Gurih Khas Bantul


Geplak merupakan panganan khas dari tempat Bantul, dimana geplak in dibuat dari adonnan gula aren, gula pasir, serta kelapa parut dan mengahsilkan rasa yang elok dan lezat. geplak ini sendiri ada yang bilang sebagai panganan khas warga Betawi dengan sedikit perhiasan materi lain menyerupai tepung beras serta daun jeruk. Dimana dalam artikel kali ini akan dibahas perihal apa resep serta bagaimana cara mengolah geplak ini.

Bahan :
  1. 1 kg tepung beras (kwalitas baik).
  2. 350 gram kelapa parut.
  3. 750 gram gula pasir.
  4. 450 ml air matang atau air galon.
  5. Garam secukupnya.
Cara membuatnya :
  • Pertama, siapkan wajan kemudian sangrai tepung beras hingga tepung benar-benar mengering.
  • Selanjutnya masukkan pula kelapa parut kedalam tepung beras yang disangrai tadi sambil diaduk rata kemudian angkat dan sisihkan.
  • Setelah itu, siapkan panci kemudian rebus air bersama gula pasir hingga mendidih kemudian diamkan sejenak dengan memakai api kecil.
  • Tuangkan gabungan tepung beras dan kelapa parut kedalam larutan gula kemudian sambil diaduk cepat hingga gabungan mengental dan angkat.
  • Terakhir, siapkan cetakan kemudian bentuk gabungan sesuai dengan bentuk aslinya atau sanggup dibuat sesuai selera. kemudian dinginkan supaya gabungan mengeras.
Sajikan geplak yang telah jadi diatas piring saji. Selamat mencoba resep dan cara menciptakan geplak elok dan gurih khas Bantul ini, semoga sanggup memperlihatkan manfaat serta memperbanyak resep untuk menciptakan sajian sedap didapur ibu-ibu sekalian. Terima kasih.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda