Resep Dan Cara Menciptakan Camilan Cantik Cucur Cantik Khas Indonesia - Resep Bunda

Jumat, 28 Februari 2020

Resep Dan Cara Menciptakan Camilan Cantik Cucur Cantik Khas Indonesia


Di Indonesia makanan ringan elok merupakan panganan ringan sebagai menu pembuka serta epilog dalam suatu jamuan, atau sebagai makanan pengganti cemilan. Kue kebanyakan mempunyai rasa yang elok dan gurih. Kue sendiri terbagi atas dua jenis yakni makanan ringan elok berair dan makanan ringan elok kering dimana makanan ringan elok tersebut dikategorikan menurut kadar air serta kelembutan dari kuenya sendiri. Kue berair kebanyakan mempunyai tekstur yang empuk serta lembut, sedangkan untuk makanan ringan elok kering biasanya mempunyai tekstur yang sedikit keras dan padat.
Kue cucur salah satunya merupakan makanan ringan elok berair tradisional yang ada di Indonesia. Kue cucur ini mempunyai cita rasa yang elok dari gula merahnya serta mempunyai aroma yang sedap dari daun pandan yang digunakan.
Adapun cara menciptakan makanan ringan elok cucur antara lain :

Bahan :

1. 300 gram tepung beras.
2. 50 gram tepung terigu.
3. ½ sdt garam.
4. Minyak goreng.

Bahan untuk menciptakan larutan gula :

1. 300 gram gula merah (lalu sisir halus).
2. 50 gram gula pasir.
3. ½ litter air matang.
4. ½ sdm kayu elok bubuk.
5. 2 lembar daun pandan (kira-kira 20 cm kemudian iris memanjang kemudian ikat simpul).

Cara menciptakan :
  • Untuk menciptakan larutan gula merahnya : mula-mula siapkan panci kemudian masak air bersama dengan gula merah, gula pasir, kayu elok serta daun pandan. Masak semua materi untuk menciptakan larutan gula hingga mendidih sambil di aduk-aduk hingga tercampur rata kemudian tiriskan.
  • Untuk menciptakan makanan ringan elok cucurnya : Siapkan wadah atau ember kecil kemudian masukkan bahan-bahan menyerupai tepung beras, tepung terigu, serta garam kemudian aduk bahan-bahan tersebut hingga rata. Kemudian masukkan sebagian saja larutan gula kedalam gabungan tepung, kemudian aduk kembali memakai tangan kira-kira 20 menit hingga gabungan rata. Selanjutnya masukkan kembali sisa larutan gula kedalam gabungan sambil ditepuk-tepuk hingga gabungan kue cucur terasa ringan.
  • Tahap selanjutnya, siapkan wajan kemudian panaskan minyak goreng. Kemudian masukkan gabungan memakai sendok berukuran besar kedalam minyak goreng, kemudian goreng gabungan hingga matang. Pastikan gabungan kue cucur yang digoreng benar-benar matang secara merata dan goreng hingga semua gabungan habis.
  • Terakhir, sajikan kue cucur diatas piring saji.
Kue cucur tradisional khas Indonesia sudah siap disantap oleh keluarga anda. Selamat mencoba resep dan cara menciptakan makanan ringan elok cucur elok khas Indonesia.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda