Resep Dan Cara Menciptakan Camilan Bagus Lupis Bagus Khas Indonesia - Resep Bunda

Jumat, 28 Februari 2020

Resep Dan Cara Menciptakan Camilan Bagus Lupis Bagus Khas Indonesia


Kue lupis atau lopis yaitu salah satu jajanan pasar yang sangat terkenal didaerah jawa, Indonesia. Kue lupis merupakan masakan ringan bagus manis yang diolah dari materi dasar berupa beras ketan yang diberi taburan kelapa parut kemudian diberi larutan gula aren diatasnya.
Dalam artikel kali ini akan dijelaskan bagaimana cara membuta serta apa resep yang diperlukan untuk menciptakan masakan ringan bagus lupis yang bagus ini.

Bahan-bahan : 
1. 400 gram beras ketan (bersihkan kemudian rendam kurang lebih selama 1 jam).
2. 250 gram kelapa parut.
3. 2 lembar daun pandan ukuran 20 cm kemudian ikat simpul.
4. ¼ sdt garam halus.
5. ½ sdm air kapur sirih.
6. Daun pisang serta tali untuk pembungkus.

Larutan gula : 
1. 350 gram gula aren (sisir halus).
2. 300 ml air matang.

Cara menciptakan :
  • Pertama, tuangkan ½ sendok makan air kapur sirih kedalam beras ketan yang direndam tadi kemudian aduk secara merata.
  • Selanjutnya, ambil selembar daun pisang kemudian bentuk segitiga atau berbetuk menyerupai bangkit ruang lupis kemudian isi daun pisang tersebut dengan beras ketan. Setelah diisi, kemudian ikat setiap bab ujung-ujungnya dengan tali yang telah disiapkan supaya tetap rapat. Lakukan untuk setiap lembaran-lembaran daun sampai beras ketan habis.
  • Setelah semua beras ketan terbungkus, kukus beras ketan sampai benar-benar matang.
  • Untuk menciptakan taburan kelapa, mula-mula kukus kelapa parut bersama garam serta daun pandan kurang lebih 10-15 menit, kemudian tiriskan dan dinginkan.
  • Untuk menciptakan larutan gula, rebus air bersama dengan gula aren sampai menjadi larutan gula yang kental. Selanjutnya angkat dan dinginkan larutan gula tersebut.
  • Untuk cara penyajian masakan ringan bagus lupisnya, mula-mula buka semua pembungkus masakan ringan bagus lupis dari daun pisang tadi kemudian taruh diatas piring saji. Selanjutnya taburi masakan ringan bagus lupis dengan kelapa parut kemudian tuangkan pula larutan gula diatasnya.
Kue lupis ini sangat nikmat disantap bersama dengan teh hangat sebagai hidangan sarapan di pagi hari. Semoga resep dan cara menciptakan masakan ringan bagus lupis bagus khas Indonesia ini sanggup membantu untuk menciptakan hidangan yang enak dirumah anda. Selamat mencoba.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda