Resep Dan Cara Menciptakan Es Goyobod Bagus Dan Segar - Resep Bunda

Jumat, 28 Februari 2020

Resep Dan Cara Menciptakan Es Goyobod Bagus Dan Segar


Es Goyobod merupakan minuman tradisional khas yang berasal dari Garut, Jawa Barat. Meskipun es ini berasal dari Jawa Barat, es goyobod juga sudah banyak didagangkan di kawasan kota Bandung dengan memakai gorabak dorong dan berkeliling kampung. Es goyobod ini mempunyai racikan berupa materi dasar dari tepung hunkue, sehingga mempunyai rasa yang gurih dan lembut di pengecap ketika kita mencicipinya. Minuman ini juga mempunyai cita rasa yang khas dan unik dan sangat pas kalau dimaksudkan untuk mengembangkan bisnis dengan menjual es goyobod. Karena pada ketika bulan Ramadhan, minuman hambar dan segar ini sangat laku diserbu pembeli. Untuk cara menciptakan es ini tidaklah sulit, adapun langkah-langkahnya sebagai berikut :

Bahan yang diharapkan :
  1. 75 gram tepung Hunkue.
  2. 350 ml air matang.
  3. 75 gram tape singkong.
  4. 75 gram kolang kaling (rebus kemudian potong menjadi 2 bagian).
  5. 1 buah alpukat (keruk bab daging alpukatnya).
  6. 1 buah kelapa muda (keruk bab daging kelapanya).
  7. 250 ml Santan kental (masak hingga mendidih sambil diaduk biar kandungan santan tidak pecah).
  8. Susu kental Manis.
  9. Es Serut.
Bahan untuk sirup :
  1. 150 gram Gula Pasir.
  2. 250 ml air bersih.
  3. Garam secukupnya.

Cara Membuat :
  • Untuk menciptakan Sirupnya : Rebus air bersama dengan gula dan garam sambil diaduk hingga larut, kemudian angkat dan tiriskan.
  • Selanjutnya, campur tepung hunkue dengan air matang kemudian aduk hingga rata. Kemudian panaskan hingga gabungan mengental sambil diaduk kembali dengan memakai api kecil.
  • Setelah itu tuangkan gabungan tepung hunkue tadi kedalam loyang kemudian diamkan hingga gabungan membeku. Setelah gabungan membeku, keluarkan gabungan dari loyang kemudian potong dadu kecil atau potong sesuai selera anda.
  • Kemudian siapkan gelas kemudian masukan tape singkong, potongan kolang-kaling, alpukat, kelapa muda serta gabungan goyobod yang dipotong dadu tadi dan es serut. Selanjutnya tuangkan santan, susu kental elok serta sirupnya yang telah diolah tadi.
Es goyobod sangat cocok sekali disantap ketika cuaca sedang panas terik atau sebagai menu epilog setelah memakan menu utama. Semoga resep dan cara menciptakan es goyobod elok dan segar ini sanggup membantu anda sekalian dalam membuatnya serta sanggup menyebarkan resep-resep masakan khas Indonesia. Selamat mencoba.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda