Resep Dan Cara Menciptakan Masakan Ringan Anggun Putu Yang Enak Dan Yummy Khas Nusantara - Resep Bunda

Jumat, 28 Februari 2020

Resep Dan Cara Menciptakan Masakan Ringan Anggun Putu Yang Enak Dan Yummy Khas Nusantara


Kue putu dalam bahasa Jawa : puthu yang merupakan salah satu jenis masakan khas Indonesia. Kue putu memiliki materi dasar berupa tepung beras yang diberi pewarna masakan hijau, gula jawa dan parutan kelapa sebagai taburannya. Kue putu dimasak dengan memakai potongan bambu menyerupai menciptakan lemang, hanya saja memakai potongan bambu yang pendek.

Bahan-bahan :

1. 250 tepung beras.
2. 100 gr tepung terigu.
3. 20 0 gr gula aren (sisir halus).
4. ½ sdt vanilli bubuk.
5. Pewarna masakan hijau (secukupnya).
6. Air masak secukupnya.
7. 150 gr kelapa parut (ditambah sedikit garam kemudian kukus).
8. Potongan kecil bambu yang berdiameter sekitar 2cm dengan panjang sekitar 10 cm.

Cara menciptakan : 
  1. Pertama siapkan bejana kecil kemudian masukkan tepung beras, tepung terigu, vanilli bubuk dan pewarna masakan hijau secukupnya kemudian aduk hingga tercampur merata. Percik-percikkan air kedalam campuran semoga tepung sedikit lembab.
  2. Selanjutnya siapkan potongan bambu, masukkan campuran hingga setengah penggalan kedalam bambu kemudian masukkan sedikit gula aren kira-kira 1sdt, sehabis itu tutup dan isi kembali dengan campuran tepung, kemudian cetak semua adonan.
  3. Terakhir, kukus semua campuran dalam cetakan kedalam panci pengukus dan beri serbet pada epilog panci semoga air tidak mnetes kedalam cetakan adonan, kemudian kukus hingga matang. Setelah matang angkat dan keluarkan kue putu dari cetakan kemudian sajikan kue putu.
Beri kue putu taburan parutan kelapa yang sudah dikukus. Kue putu sudah siap untuk disantap. Selamat mencoba resep dan cara menciptakan masakan ringan anggun putu enak dan enak khas Nusantara.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda