Bunda Wajib Tau!! Ini 7 Materi Alami Penyedap Rasa Yang Kondusif Bagi Badan Sebagai Pengganti Msg - Resep Bunda

Jumat, 28 Februari 2020

Bunda Wajib Tau!! Ini 7 Materi Alami Penyedap Rasa Yang Kondusif Bagi Badan Sebagai Pengganti Msg

Seperti kita ketahui MSG mempunyai efek samping yang berbahaya bagi kesehatan badan manusia, Bahaya MSG sanggup kita hindari dengan menggantinya dengan penyedap alami yang tak kalah sedapnya. Mari kita simak apa saja penyedap alami tersebut.

Berikut ialah Penyedap Rasa Alami untuk pengganti MSG

 Seperti kita ketahui MSG mempunyai efek samping yang berbahaya bagi kesehatan badan manus Bunda Wajib Tau!! Ini 7 Bahan Alami Penyedap Rasa yang Aman bagi Tubuh Sebagai Pengganti MSG

Terasi 
Terasi merupakan zat cita rasa alami yang dihasilkan dari abu ikan dan udang kecil yang dibumbui sedemikian rupa sehingga memberi rasa sedap yang khas. Biasanya terasi dipakai untuk menciptakan sambal, tetapi terasi juga sanggup dipakai untuk sayuran ibarat tumis kangkung, tumis bayam, tumis brokoli, sayur asam, dan  nasi goreng.

Sosis Sapi
Sosis sapi sanggup dijadikan penyedap alami pengganti daging, tentunya Anda harus pastikan bahwa sosis tersebut bukan sosis yang mengandung ancaman MSG. Sosis sapi biasanya sudah mengandung garam, daging, dan kaldu.

Cara mengolah sosis sapi untuk dijadikan penyedap ialah dengan cara memotong tipis-tipis kemudian dimasukan pada masakan. Tanpa MSG yang banyak, masakan Anda pun sudah nikmat dan Anda serta keluarga sanggup terbebas dari ancaman MSG.

Keju
Keju tidak hanya kaya nutrisi, tapi juda sanggup dijadikan materi penyedap alami untuk mengganti MSG. Keju secara alami mempunyai rasa asin yang menempel yang sanggup dijadikan sebagai pengganti ancaman MSG.

Bagaimana caranya? Cukup parut keju dengan parutan halus dan masukkan pada masakan tanpa menambahkan garam lagi. Masakan Andapun sudah bebas dari ancaman MSG.

Daun Pandan
Daun Pandan memang mempunyai aroma yang khas yang sanggup menambah aroma enak dan cita rasa makanan. Daun pandan sanggup dijadikan sebagai penyedap alami, bukan hanya sekedar penyedap alami saja, daun pandan pun sanggup dijadikan sebagai pewarna kuliner yang alami. Biasanya pandan diolah pada pembuatan bubur kacang hijau, kolak, dan gula merah cair. Caranya hanya dimasukkan kedalam masakkan yang sedang direbus diatas api. Dalam resep yang berbahasa inggris daun pandan disebut sebagai “screwpine leaf”.

Bawang Putih

Bawang putih merupakan pemberi rasa sedap alami yang paling banyak digunakan. Cara menciptakan bawang putih untuk materi penyedap alami pengganti MSG yaitu dengan memarkan bawang putih yang telah dikupas, dan tumis dengan sedikit minyak sampai layu, sebelum Anda memasukkan bahan-bahan lainnya.

Bawang putih juga sanggup dihaluskan, kemudian ditumis biar lebih merata dengan materi lainnya. Cara lainnya ialah dengan menciptakan abu bawang putih goreng

Tempe
Tempe merupakan kuliner sehat yang mempunyai sumber protein dan kalsium yang tinggi, alasannya ialah tempe terbuat dari kacang kedelai yang difermentasikan. Tempe juga sanggup dijadikan sebagai materi penyedap rasa alami, bila Anda ingin membuatnya sebaiknya ambil tempe yang belum diolah atau di bumbui, dan cukup potong-potong kecil tempe segar tersebut. Padukan tempe tersebut dengan tumisan kangkung dan tumisan sayuran lainnya, maka masakkan Anda akan terasa lebih gurih. Jangan lupa tambahkan sedikit lada putih.

Kaldu Ayam
Kaldu ayam atau sapi dibentuk dari tulang belulang atau daging yang direbus dalam air selama beberapa waktu. Ternyata kaldu ayam/sapi ini sanggup dijadikan materi penyedap alami untuk pengganti MSG dan pengganti penggunaan garam. Caranya, rebus tulang dengan api kecil selama 1-3 jam. Air kaldu sanggup dikemas dalam plastik-plastik kecil kemudian dimasukkan dalam freezer biar sanggup dipakai ketika doperlukan. Kaldu ini sangat pas untuk semua makanan, bunda juga sanggup menambahkan beberapa sayuran dan rempah biar kaldu semakin lezat, sebagai catatan, sayuran harus dipotong besar besar alasannya ialah akan dimasak dalam waktu lama.

Silahkan Bagikan Artikel ini bila dirasa artikel ini bermanfaat.


Sumber : http://www.7daftar.com/

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda