Cara Menciptakan Sambal Goreng Merah - Resep Bunda

Jumat, 28 Februari 2020

Cara Menciptakan Sambal Goreng Merah

Resep Sambal Goreng Merah. Hai Umi dirumah, masih bersemangat memasak kan, enaknya hari ini apa ya yang cocok buat hidangan dirumah.

Kalau masakan ayam opor niscaya sudah biasa, kalau Masakan Rendang Kerang juga sudah biasa. Hmm apa ya kalau sudah begini?.

Bagaimana kalau hari ini kita jangan masak dulu, tetapi kita coba menciptakan sambal yang sangat jarang sekali kita temui, yaitu sambal goreng merah, bagaimana Umi dirumah, penasaran?.

Baiklah kalau begitu coba kita buat sama-sama ya, berikut diam-diam kumpulan aneka kreasi dan variasi olahan Resep Cara Membuat Sambal Goreng Merah lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) yang simple gampang dan mudah anti gagal dengan step by step untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan perjuangan bisnis rumah makan atau warung dengan sambal goreng merah.

 enaknya hari ini apa ya yang cocok buat hidangan dirumah CARA MEMBUAT SAMBAL GORENG MERAH


Bahan-bahan / bumbu yang aku gunakan untuk menciptakan sambal goreng merah ini terbuat dari bahan-bahan tradisional atau alami, jadi Umi jangan khawatir ya, aku jamin kondusif kog, dan bebas dari materi pengawet tentunya, : ).

Resep Sambal Goreng Merah

Bahan sambal goreng:
  • 200 gr tomat merah (dibelah menjadi beberapa bagian)
  • 300 gr daging (agak berlemak)
  • 500 cc santan cair
  • 2 lembar daun salam
  • 250 cc santal kental
  • 1/2 jari lengkuas
Dari Resep Sambal Goreng Merah kita ini, sehabis bahannya sudah terkumpul, maka langkah selanjutnya yaitu kita proses dulu bumbu sambal goreng merah nya, kita terlebih dahulu harus menghaluskannya, cara mengolah bumbunya yaitu sebagai berikut.

Bumbu yang dihaluskan:
  • 10 butir bawang merah
  • gula jawa (secukupnya)
  • 5 cabe merah
  • garam (secukupnya)
  • 5 siung bawang putih
Setelah bumbu sudah dihaluskan maka langkah selanjutnya yaitu cara menciptakan sambal goreng merah nya, caranya gampang sekali kog Umi, silahkan diikuti cara berikut ya.

Cara menciptakan sambal goreng merah yang pedas dan enak:
  1. Daging dibersihkan dari urat-uratnya lalu potong-potong ukuran sedang.
  2. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan, masukkan daun salam dan lengkuas hingga baunya harum masukkan daging aduk rata.
  3. Santan cair dimasukkan dan masak hingga dagingnya lunak.
  4. Masukkan santan kental dan kecilkan api sambil diaduk-aduk hingga mendidih.
  5. Masukkkan irisan tomat masaka terus hingga tomatnya lay dan santannya agak susut / berminyak lalu angkat dan  siap dihidangkan.
  6. Lebih baikknya bisa ditambahkan sedikit penyedap.
  7. Siap disiapkan.
Bagaimana Resep Cara Membuat Sambal Goreng Merah hari ini, menarik bukan? sambal ini cocok kita sajikan dengan soto ayam, ataupun soto daging sapi.

Demikian apa yang sanggup aku sampaikan untuk Umi dirumah, biar artikel ini sanggup bermanfaat buat kita semua dan bisa memperlihatkan wawasan lebih akan kayanya kuliner nusantara, hingga ketemu lagi di artikel lainnya ya, terimakasih.
Souces Image : https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh_CM7gwJfKC3ywFdPVdoZzInYEV534ag9nVynoHZy7gGqqV8mZ0dKG6qzhkKbTq3uQiBqbOsHnpwHr6tgyDMBsvCCeRZ3kWat4n3YGkpNDj392_frFnIXscnLOuDH5YXAZ9m4MhWugj4M/s1600/cara+membuat+sambal.jpg

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda