Resep Dan Cara Menciptakan Ongol-Ongol Anggun Dan Enak Khas Indonesia - Resep Bunda

Jumat, 28 Februari 2020

Resep Dan Cara Menciptakan Ongol-Ongol Anggun Dan Enak Khas Indonesia


Ongol-Ongol merupakan salah satu dari sekian banyak jenis camilan cantik berair atau panganan ringan tradisional khas Indonesia. Ongol-ongol ini sendiri memiliki materi utama yang diantaranya terdiri dari tepung sagu yang diolah bersama dengan air matang, gula aren, beberapa helai daun pandan, kelapa serta garam halus. Biasanya ongol-ongol ini dikala penyajiannya ditaburi dengan parutan kelapa kukus dengan rasa camilan cantik yang cantik dari gula arennya sehingga panganan ini sangat banyak peminatnya mulai dari bawah umur sampai orang dewasa.
Dalam pembahasan artikel kali ini akan dijelaskan wacana apa resep serta bagaimana cara menciptakan camilan cantik berair yang gurih dan enak ini.

Bahan-bahan :

  1. 150 gram tepung sagu (kwalitas baik).
  2. 350 ml air matang.
  3. 200 gram gula aren (sisir halus).
  4. 2 lembar daun pandan ukuran 20 cm.
  5. 150 gram kelapa parut (kemudian kukus dengan memakai 1/2 sdt garam halus)
Cara membuatnya :
  • Mula-mula aduk-aduk tepung sagu bersama dengan air matang yang telah disiapkan tadi sampai tercampur rata.
  • Selanjutnya, rebus gula aren bersama dengan daun pandan sambil sesekali diaduk kemudian masak sampai gula larut dan mendidih. Setelah mendidih kemudian angkat dan tiriskan.
  • Setelah itu, tuangkan larutan tepung sagu kedalam larutan gula aren tadi kemudian diaduk sampai semua materi tercampur rata. kemudian masak kembali campuran dengan memakai api sedang sampai campuran mengental.
  • setelah campuran dirasa cukup mengental, selanjutnya tuangkan campuran ke dalam loyang atau wadah kemudian dinginkan.
  • Terakhir sesudah campuran ongol-ongol hambar serta mengeras, iris ongol-ongol sesuai impian kemudian sajikan dengan tabguran kelapa parut diatasnya.
Selamat mencoba resep dan cara menciptakan ongol-ongol cantik dan enak khas Indonesia ini, biar memperlihatkan manfaat dan sanggup membantu ibu-ibu dirumah dalam menghidangkan santapan enak dirumahnya. terima kasih.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda