Cara Menciptakan Tempe. Bikin Sendiri Lebih Puas Dan Lebih Sehat.... - Resep Bunda

Kamis, 27 Februari 2020

Cara Menciptakan Tempe. Bikin Sendiri Lebih Puas Dan Lebih Sehat....

Tinggal di Indonesia, siapa yang enggak tahu perihal kuliner tempe. Makanan ini dibut dari biji kedelai yang difementasi, tapi banyak juga orang yang pakai jenis kapang roti. Biar biji kedelai ini sanggup dijadikan tempe dan difermentasi, butuh ragi untuk sanggup sukses jadi tempe.

 siapa yang enggak tahu perihal kuliner tempe Cara Membuat Tempe. Bikin Sendiri Lebih Puas dan Lebih Sehat....


Makanan ini udah jadi kuliner yang praktis banget ditemui di Indonesia. Bahkan Bunda mungkin udah sering juga bikin materi ini jadi masakan yang diolah buat sajian sajian kuliner keluarga. Selain rasanya yang lezat dan murah, ternyata tempe juga punya kandungan baik untuk kesehatan badan loh Bunda. Untuk sanggup hasil yang lebih banyak dan lebih irit, Bunda bis bikin resep tempe sendiri di loh di rumah.

Bikin tempe sendiri memang terasa lebih hemat Bunda dan enggak perlu membelinya saat Bunda lagi butuh. Nah, jikalau udah berhasil bikin tempe sendiri di rumah. Bunda sanggup jual di tetangga atau secara online. Pasti laku, dan tidak mengecewakan untuk peluang bisnis Bunda. Enggak sedikit kok orang yang sukses alasannya jualan tempe, jadi mungkin Bunda sanggup coba untuk bikin tempe sendiri di rumah semoga menambah penghasilan. Untuk awal bikin enggak perlu terlalu banyak, cukup sedikit dulu Bunda. Kalau udah berhasil berkali-kali gres bikin resep tempe dengan jumlah yang lebih besar.

Bahan-bahan yang digunakan buat bikin tempe bahu-membahu enggak susah, praktis banget dan materi yang diperlukan cuma sedikit. Mungkin waktu menciptakan yang butuh waktu agak usang semoga sanggup jadi tempe. Berikut ini materi sama langkah buat bikin resep tempe sendiri di rumah yang sanggup Bunda ikuti.

Bahan-bahan:
  • 1 kg kedelai kualitas bagus
  • 1 kg ragi

Langkah Membuat:
  1. pilih kedelai yang kualitasnya bagus, supaya hasil tempenya nanti juga bagus
  2. cuci higienis kedelai, rendam selama kurang lebih 1-2jam
  3. rebus kedelai hingga mendidih, matikan api, tutup panci dan biarkan selama 12 jam
  4. kupas kulit kedelai dg cara meremas hingga kulit arinya lepas, kemudian basuh dengan air hingga Bersih
  5. rebus lagi kedelai selama 20menit/ hingga empuk, kemudian tiriskan
  6. Taruh kedelai di daerah yang lebar, kemudian di angin-anginkan supaya kedelai cepat hambar dan kering. Setelah kering campurkan 1sdt ragi tempe ke 1kg kedelai dan aduk hingga rata
  7. Bungkus dengan plastik, tutup dg lilin, kemudian tusuk2 plastik dg tusuk gigi sebanyak 20 bacokan di setiap permukaan. Taruh di daerah datar dan ada sirkulasi udaranya, kemudian simpan di daerah yang hangat dan tertutup selama 1-2 hari, (bisa di dalam lemari dapur).
  8. Setelah 2 hari tempe sanggup dipanen. Foto ini masih 1 hari, jadi jamur putihnya belum begitu banyak

Nah, itulah beberapa materi sama langkah buat bikin resep tempe sendiri di rumah Bunda. Sederhana kan bahannya? Untuk langkahnya enggak bikin capek tapi emang butuh waktu yang lebih banyak daripada mencoba beberapa resep lainnya. Untuk materi dosis sanggup Bunda sesuaikan nanti sesuai dengan kebutuhan Bunda sendiri di rumah. Semoga bermanfaat, selamat mencoba Bunda. Terima kasih.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda