Resep Dan Cara Menciptakan Camilan Cantik Gemblong Cantik Dan Enak Khas Indonesia - Resep Bunda

Jumat, 28 Februari 2020

Resep Dan Cara Menciptakan Camilan Cantik Gemblong Cantik Dan Enak Khas Indonesia


Gemblong merupakan salah satu dari sekian macam ragam panganan tradisional khas Indonesia, dimana gemblong ini mempunyai materi utama adalah tepung ketan yang diaduk bersama kelapa parut yang kemudian dilapisis gula merah. Gemblong ini termasuk panganan ringan atau jajanan yang mempunyai harga relatif terjangkau, namun panganan yang enak ini sudah untuk sanggup kita jumpai dipasar-pasar.
Adapun dalam artikel kali ini akan dijelaskan wacana resep serta bagaimana cara menciptakan camilan elok tradisional ini.

Bahan :
  1. 250 gram tepung ketan (kwalitas baik).
  2. 2 sdm tepung sagu.
  3. 150 gram kelapa parut.
  4. 150 ml santan cair (didihkan).
  5. 1 sdm air kapur sirih.
  6. 1/2 sdm garam halus.
  7. Minyak goreng (untuk menggoreng).
Bahan larutan gula :
  1. 175 gram gula jawa atau gula merah.
  2. 100 gram gula pasir.
  3. 75 ml air matang.
Cara membuatnya :
  1. Pertama, campur dan aduk rata semua materi ibarat tepung ketan, tepung sagu, kelapa parut, air kapur sirih serta garam halus kemudian sambil dituangkan santan cairsecara perlahan. Aduk bahan-bahan tersebut sampai campuran sanggup diuleni.
  2. Setelah sanggup diuleni, bentuk lingkaran semua campuran kira-kira sebesar telur ayam.
  3. Selanjutnya, panaskan minyak goreng kemudian goreng semua adoanan yang telah dibuat lingkaran tadi sampai benar-benar matang dan berwarna kecoklatan. Setelah matang kemudian angkat dan sisihkan.
  4. Untuk menciptakan larutan gula : masak sampai mendidih bahan-bahan ibarat gula jawa, gula pasi serta air matang sampai kesemua materi larut dan kental. Selanjutnya, Kecilkan api kemudian masukkan campuran camilan elok gemblong yang telah digoreng tadi dan aduk sampai semua campuran gemblong terbalut larutan gula.
  5. Terakhir angkat dan tiriskan camilan elok gemblong yang telah dilumuri larutan gula.
selamat mencoba resep dan cara menciptakan camilan elok gemblong elok dan enak khas Indonesia ini, biar sanggup memperlihatkan wangsit serta manfaat bagi kita semua dalam menyajikan hidangan yang enak dan lezat. Terima kasih.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda