Resep Dan Cara Menciptakan Cilok Lezat Isi Abon Sapi Khas Jawa Barat - Resep Bunda

Jumat, 28 Februari 2020

Resep Dan Cara Menciptakan Cilok Lezat Isi Abon Sapi Khas Jawa Barat


Cilok merupakan akronim kata adalah aci dicolok yang merupakan kudapan khas dari tempat Jawa Barat, Indonesia. Cilok dibuat dari tepung Kanji atau dalam bahasa sundanya dikenal dengan tepung aci yang kemudian ditambahkan bumbu-bumbu embel-embel menyerupai kecap, saus serta sedikit sambal kacang. Cilok mempunyai bentuk bulat-bulat layaknya bakso, akan tetapi berbeda materi dasar yang digunakannya. Karena cilok dibuat dari materi dasar berupa tepung aci atau tepung kanji maka kudapan yummy ini kalau disantap memiliki rasa yang kenyal. Saat ini cilok tidak hanya digemari bawah umur saja, namun ternyata kudapan atau jajanan ini juga masih disukai orang-orang cukup umur lainnya.
Adapun proses untuk menciptakan cilok antara lain :

bahan-bahan :
  1. 1/2 kg tepung aci atau tepung kanji.
  2. 200 gram tepung terigu.
  3. 2 batang daun bawang (iris-iris tipis).
  4. Air hangat (secukupnya).
  5. merica abu (secukupnya).
  6. Gula pasir (secukupnya).
  7. Garam halus (secukupnya).
Bahan isian (jika suka) :
  1. Abon sapi.
Bahan saus kacang :
  1. 200 gram kacang tanah goreng.
  2. 4 siung bawang putih.
  3. 3 buah cabai merah (sesuai selera).
  4. 2 buah cabai rawit.
  5. Gula aren (secukupnya).
  6. Garam halus (secukupnya).
  7. air matang (secukupnya).
Cara membuatnya :
  • Mula-mula campurkan tepung terigu bersama dengan merica bubuk, gula pasir dan garam halus kemudian tuangkan pula air hangat secukupnya kemudian aduk rata kemudian dinginkan (sebagai catatan, gabungan jangan terlalu banyak airnya atau encer).
  • Setelah gabungan cuek tambahkan pula tepung kanji serta daun bawang kemudian aduk secara merata sampai sanggup diuleni.
  • Jika gabungan sudah sanggup diuleni, siapkan air yang telah diberi sedikit garam dan minyak untuk merebus gabungan cilok.
  • Selanjutnya bentuk gabungan cilok menjadi bulat-bulat kecil kemudian isi bab dalam cilok dengan abon sapi kemudian rebus dalam air mendidih sampai cilok matang dan mengapung diatas permukaan air. Lakukan membentuk bulat-bulat gabungan sampai semua gabungan habis. Setelah semua matang, angkat kemudian tiriskan cilok.
  • Untuk menciptakan saus kacangnya, ulek semua materi sampai halus menyerupai menciptakan bumbu pada gado-gado.
  • Terakhir, sajikan cilko diatas mangkuk saji kemudian sirami dengan saus kacangnya.
Selamat mencoba resep dan cara menciptakan cilok yummy isi abon sapi khas Jawa Barat ini. Semoga sanggup membantu serta menambahkan daftar resep kuliner ibu-ibu dirumah. Terima kasih.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda