Resep Dan Cara Menciptakan Es Cendol Lezat Khas Bandung - Resep Bunda

Jumat, 28 Februari 2020

Resep Dan Cara Menciptakan Es Cendol Lezat Khas Bandung


Es cendol adalah minuman hirau taacuh dan anggun yang terbuat dari olahan tepung beras yang kemudian ditambah dengan parutan es serta santan kelapa dan larutan gula merah. Es cendol ini merupakan minuman khas masyarakat Sunda, Jawa Barat, akan tetapi es cendol ini sudah sangat terkenal hampir diseluruh wilayah Indonesia. Es cendol ini mempunyai khas tersendiri yaitu dimana tepung beras yang diolah kemudian diberi pewarna hijau alami yang terbuat dari sari daun pandan atau daun suji yang telah diolah, selanjutnya dicetak membentuk serutan-serutan kecil. Tetapi dikala ini ada juga yang memakai pewarna hijau buatan khusus untuk masakan sebagai pengganti daun pandan atau daun suji. Cara menciptakan es cendol tidaklah sulit.

Bahan-bahan :


1. 100 gram tepung beras.
2. 20 gram tepung hunkwe.
3. 50 gram tepung kanji.
4. 100 ml air dari sari daun pandan.
5. 100 ml air dari sari daun suji.
6. 500 ml air matang.
7. ¾ sdm air kapur sirih.
8. ½ sdm garam halus.

Bahan untuk menciptakan santan kelapa :


1. 1,5 liter santan kelapa.
2. 2 lembar daun pandan (kira-kira 20 cm kemudian ikat simpul).
3. 1 sdt garam halus.

Bahan untuk menciptakan larutan gula merah :

1. 250 ml air.
2. 500 gram gula merah (sisir halus).
3. 75 gram gula pasir.
4. 2 lembar daun pandan (kira-kira 20 cm kemudian ikat simpul).

Bahan suplemen :

1. Kerukan daging kelapa muda.
2. Irisan daging buah nangka yang telah matang.
3. Nata de coco.
4. Serutan kerikil es.

Cara menciptakan :

  • Mula-mula masukkan tepung beras, tepung hunkwe, tepung kanji, air dari sari daun pandan dan daun suji, serta air kapur sirih kedalam sebuah panci sambil diaduk rata, kemudian masak hingga gabungan mengental. 
  • Setelah gabungan cendol mengental, siapkan air matang didalam sebuah ember atau bejana kecil kemudian letakkan cetakan cendol diatasnya. 
  • Selanjutnya tuangkan gabungan cendol didalam cetakan, kemudian tekan cetakan hingga gabungan cendol keluar dari cetakan dan membentuk serutan-serutan kecil. Lakukan hingga semua gabungan cendol habis. Selanjutnya ambil cendol yang sudah jadi kemudian tiriskan.
  • Untuk menciptakan air santan kelapa, masak semua materi untuk menciptakan santan kelapa hingga mendidih tetapi jangan dimasak hingga santannya pecah. Setelah air santan masak kemudian tiriskan.
  • Untuk menciptakan air gula merah, masak semua materi untuk menciptakan larutan gula merah sambil diaduk hingga air gula merah mendidih. Setelah air gula merah mendidih kemudian angkat kemudian tiriskan.
  • Untuk cara penyajian es cendol, siapkan mangkuk ukuran sedang kemudian masukkan serutan kerikil es kemudian tambahkan pula cendol, kerukan daging kelapa muda, irisan nangka, serta nata de coco secukupnya. Selanjutnya beri larutan gula merah dan air santan kedalam mangkuk. Es cendol sudah siap untuk disantap.
Es cendol sangat lezat dinikmati ketika cuaca panas atau sebagai sajian pencuci mulut. Semoga resep dan cara menciptakan es cendol lezat khas Bandung ini dapat dipraktekkan dirumah anda. Selamat mencoba.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda