Resep Dan Cara Menciptakan Gurame Bakar Enak Dan Yummy Khas Bandung Priangan - Resep Bunda

Jumat, 28 Februari 2020

Resep Dan Cara Menciptakan Gurame Bakar Enak Dan Yummy Khas Bandung Priangan


Gurame bakar merupakan salah satu kuliner khas Bandung priangan lainnya. Jenis ikan gurame ini sangat disukai sebagai ikan konsumsi. Ikan gurame yang mempunyai daging yang padat dan jikalau sudah dimasak mempunyai rasa yang gurih dan enak. Diberbagai rumah makan ataupun restoran, ikan gurame ini dijadikan banyak sekali jenis kuliner dan yang paling banyak dijadikan sajian utama adalah gurame bakar. Ikan gurame ini juga dihargai cukup mahal. Cara menciptakan gurame bakar yummy khas bandung sangatlah mudah.

Bahan-bahan :


1. 1 ekor gurame (ukuran besar).
2. 1 bh jeruk nipis besar (potong 2 bagian).

Bumbu yang dihaluskan :

1. 10 siung bawang merah.
2. 4 siung bawang putih.
3. 2 butir kemiri (sangrai).
4. 5 bh cabe merah.
5. 1 ruas kunyit (bakar).
6. 1 ruas jahe.
7. 1 sdt merica.
8. 1 sdm garam halus.
9. 1 sdm gula pasir.
10. ½ sdt kaldu ayam.
11. Kecap bagus secukupnya (untuk olesan gurame).

Cara menciptakan :

  1. Pertama, bersihkan sisik ikan gurame dan buang isi perut ikan, kemudian basuh higienis ikan gurame kemudian tiriskan. Selanjutnya lumuri ikan gurame dengan jeruk nipis kemudian diamkan kurang lebih 15 – 20 menit biar jeruk meresap kedalam ikan gurame. Setelah dirasa telah meresap kemudian basuh kembali ikan gurame.
  2. Selanjutnya lumuri ikan secara merata dengan bumbu yang telah dihaluskan tadi, kemudian diamkan selama kurang lebih 30 menit sampai bumbu meresap kedalam ikan gurame.
  3. Setelah itu, siapkan bara api kemudian bakar ikan gurame diatasnya. Olesi ikan gurame dengan sisa bumbu tadi beserta kecap secara merata disetiap sisi ikan sampai ikan gurame matang.
  4. Terakhir, angkat kemudian sajikan ikan gurame bakar diatas piring saji.

Gurame bakar yummy dan gurih khas Bandung priangan siap disantap bersama keluarga anda. Sajikan gurame bakar dengan sambal dan lalapan serta nasi putih hangat. Selamat mencoba.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda