Resep Dan Cara Menciptakan Kanji Rumbi Enak Dan Enak Khas Aceh - Resep Bunda

Jumat, 28 Februari 2020

Resep Dan Cara Menciptakan Kanji Rumbi Enak Dan Enak Khas Aceh


Makanan "kanji rumbi" merupakan suatu masakan ibarat nasi bubur dengan rasa yang unik khas Aceh, Indonesia. Kanji rumbi ini ibarat bubur ayam pada umumnya yang sering dijajakan para penjual bubur ayam, hanya saja masakan agak sedikit berbeda dalam materi yang dipakai dimasak dengan berbahan mirip penggunaan bumbu rempah dan juga memakai udang-udang kecil serta beberapa pecahan daging sapi. Untuk materi tambahan lainnya berupa sayur-sayuran mirip pecahan wortel dan kentang yang dimasak ketika hendak merebus beras menjadi buburnya. Kanji rumbi biasanya sering disajikan di Masjid-masjid pada ketika bulan Ramadhan sebagai sajian untuk berbuka puasa.
Pada artikel kali ini akan dibahas perihal resep serta bagaimana proses dalam menciptakan bubur khas Aceh yang enak ini.
 
Bahan utama :
  1. 1/2 kg beras (cuci bersih).
  2. 300 gram udang kecil.
  3. 300 gram daging sapi (potong dadu kecil).
  4. 1 buah wortel (iris tipis).
  5. 2 buah kentang besar (potong dadu).
  6. 1 ltr air bersih.
Bumbu :
  1. 2 siung bawang putih (cacah halus).
  2. 3 sdm margarine (untuk menumis).
  3. 1/2 sdm merica bubuk.
  4. 1 sdt garam halus.
Bumbu-bumbu halus kemudian bungkus memakai kain serbet :
  1. 5 butir cengkeh.
  2. 5 butir kapulaga.
  3. 1 batang kayu manis.
  4. 1 sdm ketumbar (cacah kasar).
  5. 1 sdt merica butiran.
  6. 1/2 sdt jinten manis.
  7. 1 butir pala (geprek dan memarkan).
Cara membuatnya :
  • Mula-mula siapkan panci ukuran sedang kemudian rebus udang, daging sapi dan 1/2 bab bawang putih yang dicacah halus dengan memakai 1 liter air higienis tadi. Rebus daging sapi hingga benar-benar empuk dan matang kemudian angkat dan tiriskan. Setelah matang kita sisihkan air kaldu sapinya dari pecahan daging dan udang.
  • Selanjutnya, masak beras memakai air dari kaldu ayam dan udang tadi, kemudian masukkan juga pecahan wortel, kentang, serta bumbu-bumbu rempah yang dibungkus dengan memakai serbet tadi. Masak hingga beras tersebut menjadi bubur, kemudian angkat. Jika air dirasa masih kurang, sanggup ditambahkan air matang biasa sebagai tambahannya.
  • Setelah itu, siapkan wajandan hangatkan margarine. Tumis sisa dari bawang putih yang dipakai hingga wangi, kemudian masukkan juga pecahan daging sapi dan udang rebus sambil diaduk rata hingga harum.
  • Kemudian masukkan tumisan bawang dan daging tadi ke dalam bubur. Jangan lupa pula beri merica bubuk dan garam halus secukupnya sesuai selera.
  • Terakhir, sajikan bubur khas Aceh ini diatas piring saji selagi hangat. Bisa ditambahkan taburan bawang goreng serta kerupuk sbagai pelengkapnya.
Selamat mencoba resep dan cara menciptakan kanji rumbi enak dan enak khas Aceh ini. Semoga resep bubur kali ini sanggup memperlihatkan manfaat bagi ibu-ibu dirumah dalam mengolah beras menjadi suatu hidangan yang lezat. Terima kasih.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda