Resep Dan Cara Menciptakan Nasi Kuning Komplit Dan Komplit Khas Nusantara - Resep Bunda

Jumat, 28 Februari 2020

Resep Dan Cara Menciptakan Nasi Kuning Komplit Dan Komplit Khas Nusantara

Nasi kuning merupakan satu dari sekian banyak kuliner khas Indonesia. Nasi kuning ini dibentuk dari materi utamanya ialah beras yang kemudian dimasak dengan bumbu-bumbu rempah menyerupai kunyit serta santan semoga rasa dari nasi kuning lebih gurih. Nasi kuning merupakan variasi dari nasi putih layaknya nasi uduk. Nasi kuning juga disajikan bersama dengan lauk pauk lainnya serti irisan telur dadar, tempe oseng, ayam goreng yang disuir, serta kerupuk dan sambal. Pada artikel kali ini akan dijelaskan bagaimana langkah-langkah serta cara menciptakan nasi kuning komplit dan yummy khas Indonesia.
 

Bahan-bahan :

1. 500 gr beras (cuci bersih, beri air kemudian tiriskan).
2. 750 ml santan.
3. 1 ruas kunyit.
4. 1 btg serai (geprak dan memarkan).
5. 2 lbr daun pandan ukuran 20 cm (ikat simpul).
6. 2 lbr daun salam.
7. 1 sdt garam.

Bahan-bahan tambahan/pelengkap :

1. 2 telur dadar (iris tipis memanjang).
2. 2 Dada ayam goreng (disuwir).
3. Ongseng tempe.
4. 1 bh timun (iris tipis).
5. Bawang goreng (secukupnya).
6. Kerupuk/emping.

Cara menciptakan nasi kuning :
  1. Pertama parut kunyit sampai halus kemudian beri sedikit air. Kemudian peras parutan kunyit tadi kemudian ambil sari dari kunyitnya.
  2. Selanjutnya, masukkan perasan sari kunyit tadi kedalam beras yang sudah dicuci higienis dan diberi air. Kemudian kukus beras sampai setengah matang kurang lebih 15-20 menit.
  3. Selanjutnya rebus secara terpisah santan, serai, daun pandan, daun salam dan garam sampai mendidih.
  4. Setelah itu, masukkan beras sudah dikukus setengah matang tadi kedalam santan yang direbus. Kemudian masak kembali beras sampai benar-benar matang.
  5. Terakhir, sehabis nasi uduk matang angkat kemudian sajikan diatas piring saji. Kemudian beri materi tambahan nasi kuning yang telah disiapkan sebagai pelengkap.
Nasi kuning khas Indonesia telah siap untuk disantap. Selamat mencoba rsep dan cara menciptakan nasi kuning komplit dan yummy khas Indonesia.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda