Resep Dan Cara Menciptakan Sambala Ikan Tongkol Enak Dan Lezat - Resep Bunda

Jumat, 28 Februari 2020

Resep Dan Cara Menciptakan Sambala Ikan Tongkol Enak Dan Lezat


sambal Ikan Tongkol - Assalamualaikum wr wb, selamat pagi kembali kepada para pembaca setia blog ini. Semoga dipagi hari yang tetap cerah ini kita semua masih diberikan nikmat sehat oleh Allah SWT semoga ibu-ibu dirumah serta para pembaca setia blog ini sanggup menghidangkan kuliner yang enak kepada anak dan suami tercinta dirumah. Dikesempatan kali ini penulis akan coba membahas suatu kuliner yang hampir menyerupai dengan resep yang penulis bahas sebelumnya, nama resep kita kali ini ialah sambal ikan tongkol enak dan lezat. Sambal ikan tongkol merupakan suatu olahan kuliner yang diolah dari materi utamanya berupa ikn tongkol yang kemudian dimasak dengan sambal serta perhiasan beberapa bumbu dapur lainnya. Dalam mengolah kuliner enak ini tentunya tidaklah sulit untuk dibuat, adapun untuk ibu-ibu serta para pembaca mengetahui secara lengkap apa saja materi yang digunakan serta bagaimana proses membuatnya antara lain sebagai berikut.
Bahan :
  1. 1 kg ikan tongkol (siangi dan bersihkan bab dalam perutnya).
  2. 1 ruas kunyit ukuran 1 cm.
  3. 2 sdm air perasan jeruk nipis.
  4. 2 buah tomat segar.
  5. 6 siung bawang merah.
  6. 5 siung bawang putih.
  7. 10 buah cabe merah.
  8. 5 buah cabe rawit merah.
  9. Garam garang secukupnya.
  10. Ketumbar secukupnya.
  11. 2 sdt gula jawa.
  12. 2 lembar daun jeruk nipis.
  13. 2 sdm kecap manis.
  14. minyak goreng secukupya untuk menggoreng.
Cara membuatnya :
  • Mula-mula lumuri ikan tongkol dengan memakai air perasan jeruk nipis kemudian endapkan.
  • Selanjutnya haluskan bahan-bahan menyerupai 1 siung bawang putih, kunyit, ketumbar serta garam garang kemudian lumuri kembali kedalam ikan tongkolnya sampai bumbu meresap kesemua ikannya.
  • Kemudian goreng ikan setengah matang kemudian angkat dan tiriskan sebentar.
  • Untuk langkah berikutnya ulek halus bahan-bahan menyerupai cabe merah dan cabe rawit, bawang merah dan putih, terasi, serta tomatnya.
  • Tumis bumbu yang sudah dihaluskan tadi bersama dengan daun jeruk, gula jawa, garam kasar, kemudian beri sedikit air semoga bumbu simpel meresap.
  • Setelah dirasa sudah mengeluarkan gelembung-gelembung, masukkan ikan tongkol setengah matang kedalam tumisan. Masak sampai bumbu benar-benar meresap kedalam ikannya.
  • Terakhir, sajikan sambal ikan tongkol bersama dengan nasi putih hangat dan lalapannya.
Selamat mencoba resep dan cara menciptakan sambal ikan tongkol enak dan lezat ini. Semoga resep yang penulis bahas kali ini banyak menunjukkan manfaat serta pandangan gres kepada para pembaca dan ibu-ibu dirumah untuk sanggup menghidangkan kuliner enak kepada keluarga dirumah. Terima kasih.

RESEP DAN CARA MEMBUAT SAMBALA IKAN TONGKOL ENAK DAN LEZAT

Sambal ikan tongkol merupakan suatu olahan kuliner yang diolah dari materi utamanya berupa ikn tongkol yang kemudian dimasak dengan sambal serta perhiasan beberapa bumbu dapur lainnya. 5 out of 5 based on 20 ratings. 5 user reviews:

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda