Resep Dan Cara Menciptakan Wedang Uwuh Khas Yogyakarta - Resep Bunda

Jumat, 28 Februari 2020

Resep Dan Cara Menciptakan Wedang Uwuh Khas Yogyakarta


Wedang uwuh merupakan salah satu minuman hangat khas masyarakat Indonesia dengan memakai bahan-bahan yang berupa dedaunan. Jika diartikan dalam bahas Indonesia wedang artinya minuman, dan uwuh artinya sampah. Dengan rasa elok serta sedkit pedas dari beberapa rempahnya serta aromanya harum sehingga menciptakan wedang uwuh ini menjadi minuman yang digemari masyarakat Yogyakarta.
Pada mulanya minuman hangat ini masih berupa rempah orisinil dikala disedu dan disajikan, namun pada zaman kini ini wedang uwuh sudah dibentuk menjadi mudah dalam bentuk instan.
Adapun materi serta bagaimana cara mengolah minuman hangat nan menyehatkan ini antara lain sebagai berikut.
Bahan :
  1. 500 ml air bersih.
  2. 50 gram gula pasir.
  3. 50 gram kayu secang (serut).
  4. 2 lembar daun kayu elok (kering).
  5. 2 lembar daun cengkeh (kering).
  6. 2 lembar daun pala (kering).
  7. 1 ruas jahe kira-kira 6 cm (bakar dan memarkan).
  8. 12 butir cengkeh kering.
Cara membuatnya :
  • Mula-mula rebus 50 ml air dalam sebuah panci bersama dengan gula pasir, serutan kayu secang, daun kayu manis, daun cengkeh, daun pala, jahe, serta cengkeh. Rebus kesemua materi tersebut sampai mendidih kurang lebih selama 15-20 menit.
  • Selanjutnya sesudah rebusan tadi mendidih, angkat kemudian saring rebusan air tersebut dengan memakai saringan teh biar sisa dari materi rempah tadi tidak ikut masuk kedalam cangkir.
  • Terakhir sajikan wedang uwuh selagi hangat.
Selamat mencoba resep dan cara menciptakan wedang uwuh nikmat khas Yogyakarta ini, semoga resep ini sanggup bermanfaat bagi kita semua. Terima kasih.

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda